Robot Cheetah

Robot hewan - Robot Cheetah

Robot Cheetah

Banyak inovasi Robot yang diinspirasi oleh Hewan. Robot-robot hewan ini banyak digunakan dalam bidang pertahanan.

Cheetah, adalah salah satu mamalia tercepat didunia. Robot kebanyakan dibuat dengan menirukan apa yang telah ada di alam, antara lain robot-robot yang terinspirasi oleh hewan.

DARPA, sebuah agensi Riset keamanan milik pemerintah USA telah mengembangkan sebuah robot cheetah. Robot ini mampu berlari hingga kurang lebih 18 miles per hour, atau sekitar 20km perjam.

Robot Cheetah ini masih dalam tahap pengujian, kecepatan larinya pun hanya diukur di laboratorium, robot ini berlari di sebuah treadmill. Berikut video yang dirilis oleh DARPA.

Robot-robot Hewan

Kedepannya diharapkan robot tersebut dapat benar-benar berlari di medan tempur dan digunakan untuk mensuply persenjataan atau obat-obatan, maupun sebagai pasukan pemecah barisan depan pertahanan musuh.

Inovasi robotika banyak diinspirasi oleh hewan, robot hewan ini digunakan kebanyakan untuk keperluan pertahanan. Seperti robot hewan burung kolibri untuk keperluan pengintaian, robot hewan lainnya adalah robot ular yang dapat mencari korban gempa. dan robot-robot hewan lainnya.

sumber: popsci.com

Febrianto

Penulis Senior Ndoware.com yang lagi suka ngulik Arduino dan IoT. Hoby bermain game baik itu di komputer, gadget maupun di dunia nyata :)

1 Respon

  1. 1 Oktober 2012

    […] sekali riset-riset yang terkait robot yang terinspirasi dari hewan. Selain robot cheetah, ada juga robot terbang yang terinspirasi dari cara terbang burung Kolibri atau burung pelatuk. […]

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.