Point-point Utama Sistem Smart Building | Gedung yang Pintar

Melanjutkan tulisan sebelumnya mengenai Smart Home dan Smart Factory, sekarang kita akan membahas tentang Smart Building.

Building Management adalah salah satu bagian yang sangat penting dari sebuah gedung, ibaratnya adalah roh dari gedung tersebut. 

Semua hal yang mendukung manusia beraktifitas di gedung tersebut menjadi sesuatu yang harus diatur dengan baik oleh Building Management, mulai dari udara, suhu ruangan, air, listrik, lift dan lain dan sebagainya.

“Semakin banyak lantai otomatis semakin kompleks proses yang dilakukan dalam mengatur gedung tersebut.”

Smart Building

Ketika bangunan menjadi lebih terhubung, kompleks, dan dinamis, ada kebutuhan yang berkembang untuk teknologi bangunan cerdas yang memberikan wawasan berbasis data untuk memaksimalkan efisiensi operasional, memotong limbah energi, dan menurunkan biaya keseluruhan.

Sistem pintar diperlukan untuk mempermudah manusia memantau kondisi dan mengontrol segala hal yang berhubungan dengan gedung, inilah yang dinamakan dengan Smart Building.

Smart Building atau bangunan pintar memanfaatkan Internet of Things (IoT) untuk menciptakan peluang baru untuk pengumpulan dan berbagi informasi, dan dampaknya terhadap manajemen dan operasi bangunan.

Berikut ini point-point yang penting dari sebuah sistem Smart Building agar dapat bekerja secara efektif dan efisien

Keterbukaan / Open

Sistem Gedung yang pintar perlu menggunakan protokol yang umum dan sudah standar internasional, serta memiliki framework terbuka sehingga pihak-pihak lain dapat dengan mudah mengakses dan berkolaborasi dengan sistem yang sudah ada.

Sehingga penambahan-penambahan fitur di kemudian hari baik di sisi gedungnya maupun di cloud servernya mudah dilakukan.

Namun keterbukaan ini juga tetap harus didukung oleh keamanan yang merupakan point selanjutnya

Keamanan / Secure

Keamanan siber telah menjadi perhatian utama bagi pemilik gedung dan bisnis di seluruh dunia. 

Banyak yang percaya perangkat “aman” adalah yang diperlukan untuk mencapai lingkungan “aman”. Sayangnya, pendekatan ini membuat proyek-proyek sistem manajemen gedung berisiko tinggi. 

Oleh karena itu, Smart Building harus juga dapat menangani keamanan secara holistik dari ujung ke ujung.

Semua solusinya dibuat dengan proses pengembangan yang aman, kemudian divalidasi dan diaudit oleh pihak ketiga yang berkompeten.

Scalable

Smart Building yang baik harus dapat menyesuaikan kebutuhan kita baik untuk sekarang maupun masa depan, mulai dari gedung kecil sampai besar hingga jaringan gedung yang tersebar di seluruh dunia.

Menggunakan teknologi IoT yang yang memungkinkan terhubungnya beberapa gedung sekaligus dengan lokasi yang terpisah ribuan kilometer di seluruh dunia.

Komprehensif

Mulai dari manajement listrik, HVAC (Heating, ventilation, and air conditioning), sistem pemadam api, pengontrol akses, dan semua hal yang berhubungan dengan Gedung.

Dengan Smart Building, semua hal tersebut terkoneksikan dan terintegrasikan dalam satu kesatuan sistem. 

Sehingga kita dapat memonitor seluruh penggunaan daya dari gedung dengan mudah.

Simple

Dengan satu kesatuan sistem tentunya mengontrol sebuah gedung menjadi sangat mudah.

Bahkan Smart Building dapat dimonitor langsung dari genggaman tangan kita melalui smartphone.

Insightful

Salah satu point terpenting lainnya adalah Gedung yang pintar punya kemampuan dan wawasan untuk menghitung dan memprediksi kebutuhannya sendiri.

Misalnya berapa daya listrik dan air yang dibutuhkan untuk sebulan atau setahun kedepan, berapa daya dukung maksimal manusia yang ada di gedung tersebut.

Insight ini akan sangat berguna bagi pemilik gedung untuk di masa depan bagaimana mengelola gedungnya tersebut.

————————————

Salah satu solusi terdepan dari Smart Building adalah Eco Structure dari Sneidjer Electric https://www.se.com/id/en/work/solutions/building-management/

Febrianto

Penulis Senior Ndoware.com yang lagi suka ngulik Arduino dan IoT. Hoby bermain game baik itu di komputer, gadget maupun di dunia nyata :)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.