Robot Penolong Korban Gempa

Gempa merupakan salah satu kekuatan alam yang dahsyat, mekipun ilmu pengetahuan untuk memprediksi gempa sudah sedimikian majunya, memprediksi gempa bumi dengan seismolog masih merupakan hal yang sia-sia, masih sangat sulit memprediksi bahkan di bulan mana gempa akan terjadi. Jadi apa yang dilakukan kemudian adalah mengembangkan teknologi untuk mengurangi kerusakan akibat gempa dan tindakan-tindakan penyelamatan kepada korban gempa.

Menariknya, Jepan sebagai tempat yang paling sering disingahi gempa di dunia, merupakan lahan subur perkembangan teknologi robotika. Maka jepang pun mulai membuat robot-robot penolong korban gempa yang siap sedia mencari dan menyelamatkan korban gempa, baik karena tertimbun reruntuhan dan sebagainya.

robot-penyelamat

Robot penyelamat korban gempa. via popsci.com

SnakeBot, robot pencari korban. via popsci.com

transporter

Robot pengangkut korban gempa

 

[via popsci.com]

Febrianto

Penulis Senior Ndoware.com yang lagi suka ngulik Arduino dan IoT. Hoby bermain game baik itu di komputer, gadget maupun di dunia nyata :)

1 Respon

  1. 18 Oktober 2012

    […] Seperti robot hewan burung kolibri untuk keperluan pengintaian, robot hewan lainnya adalah robot ular yang dapat mencari korban gempa. dan robot-robot hewan […]

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.