Teknologi Penyamar yang Dapat Merubah Tank Menjadi Sapi

jubah tembus pandang

Di era teknologi saat ini, teknologi terus berkembang dengan cepat. Teknologi Penyamar adalah salah satu yang terus dikembangkan di Militer. Teknologi ini digunakan untuk menyembuyikan tank dan melindunginya dari serangan roket pencari panas. Teknologi ini sebenarnya berupa jubah tembus pandang, yang dapat menyemarkan tank dengan lingkungan sekitarnya. Jubah ini terdiri dari susunan logam berbentuk heksagonal sebesar ukuran telapak tangan orang dewasa.

Untuk menyelubingi sebuah tank kecil, diperlukan kurang lebih 1000 susunan kepingan logan tersebut. Kepingan-kepingan ini dapat dipanaskan atau didinginkan dengan cepat untuk menyamarkan bentuk dari bangunan, tank, atau perlengkapan militer lainya.

Teknologi Penyamar

Jubah ini dilengkapi dengan sensor untuk menangkap gambar dari lingkungan disekitarnya, yang kemudian hasil pemindaian tersebut ditampilkan pada kepingan-kepingan logam heksagonal penyusun jubah tersebut. Kemudian, citra inframerah ditampilkan sehingga tank tersamarkan dan menyatu dengan objek disekitarnya, sehingga musuh melihat tank tersebut sebagai mobil bahkan sebagai sapi.

Teknologi ini sangat berguna di medan pertempuran. Pasukan dapat dengan mudah masuk ke area musuh atau area pertempuran, tanpa terdeteksi. Seolah olah hanya sapi yang berjalan, namun ternyata ada tank yang siap menghancurkan musuh.

Riset Ilmuan BAE

Teknologi ini dikembangkan oleh ilmuan-ilmuan dari BAE system Swedia. Menurut Mr. Peter Sjolund, pinpinen riset proyek ini, teknologi ini bekerja seperti layar televisi termal. Selain menampilkan gambar yang telah disimpan sebelumnya, layar ini juga dapat menampilkan gambar seperti lingkungan sekitarnya hasil pemindaian mengunakan sensor terpasang juga pada perangkat ini.

sumber: National Geographic Indonesia

Febrianto

Penulis Senior Ndoware.com yang lagi suka ngulik Arduino dan IoT. Hoby bermain game baik itu di komputer, gadget maupun di dunia nyata :)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.