Robot Burung Kolibri Mata-Mata Amerika

Banyak sekali riset-riset yang terkait robot yang terinspirasi dari hewan. Selain robot cheetah, ada juga robot terbang yang terinspirasi dari cara terbang burung Kolibri. Adalah para peneliti dari Pentagon yang telah mengembangkan robot Burung Kolibri ini, karena robot ini sangat ideal untuk misi pengintaian.

Robot Burung Kolibri

Robot Burung Kolibri

Robot ini dibuat oleh Aerovirontment dengan dana dari DARPA, mampu terbang maju, mundur, menyamping, serta memutar searah jarum jam, maupun berlawanan arum jam. Tidak hanya dibuat menyerupai ukuran burung kolibri yang sesungguhnya, robot ini juga mampu terbang menyerupai burung kolibri. Ukuran robot ini sendiri kurang lebih hanya 6,5 inchi lebarnya, dan dengan berat kurang lebih 19 gram.

Sebagai perangkat mata-mata bentuknya pun sangat menguntungkan, karena dapat terbang didekat obyek dengan tidak mencurigakan. Orang-orang yang melihat tidak menyangka bahwa burung kolibri yang mereka lihat sebenarnya adalah burung pengintai.

Saat ini, robot kolibri dapat terbang sekitar 8 menit, hal ini cukup mengesankan mengingat  2 tahun lalu, prototypenya hanya mampu terbang selama 20 detik. Tapi para periset belum puas, mereka ingin terus mengembangkan robot pengintai ini agar lebih mudah dikendalikan pada misi pengintaian yang kompleks dan sulit.

sumber : foxnews

Febrianto

Penulis Senior Ndoware.com yang lagi suka ngulik Arduino dan IoT. Hoby bermain game baik itu di komputer, gadget maupun di dunia nyata :)

1 Respon

  1. 18 Oktober 2012

    […] diinspirasi oleh hewan, robot hewan ini digunakan kebanyakan untuk keperluan pertahanan. Seperti robot hewan burung kolibri untuk keperluan pengintaian, robot hewan lainnya adalah robot ular yang dapat mencari korban gempa. […]

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.