Toyota Mendemokan Pengendalian Kursi Roda yang Dikontrol oleh Gelombang Otak

brainwaves_front

Bagi mereka yang berada di kursi roda dengan mobilitas yang terbatas, teknologi gelombang otak Toyota adalah sebuah hal yang mengagumkan. Pengguna kursi roda mengenakan sebuah topi yang mengirimkan sinyal melalui sebuah alat brain-scan electroencephalograph (BSE) ke sebuah komputer yang menganalisa input untuk mengendalikan kursi roda.

Teknologi gelombang otak lainnya biasanya memerlukan waktu panjang dalam memproses, tetapi teknologi Toyota hanya memerlukan 125 milisecond – sebuah faktor penting memungkinkan waktu reaksi yang lebih cepat. Teknologi ini dikembangkan oleh Perusahaan Jepang bernama Riken, pengaturan pergerakan berdasarkan pada perintah masing-masing pengguna seperti maju, ke kiri, ke kanan, dan stop. Dalam pengujian, Toyota mengatakan bahwa perintahnya 95% akurat, sehingga menjadikannya sebagai pengendali kemudi dengan teknologi gelombang otak terakurat di dunia. Pengendalinya menggunakan sebuah teknik yang disebut pemisahan sinyal yang disadari oleh otak (blind signal separation), yang menyaring sinyal otak yang berada di luar kesadaran dari sinyal-sinyal yang diharapkan untuk mengendalikan gerakan kursi roda.

Teknologi memiliki implikasi bagi peralatan medis lainnya selain pengendali kursi roda; menurut Toyota, hal ini pada akhirnya dapat diperluas penggunaannya untuk mengatur emosi dan mental dari seorang pasien.

Sumber: popsci.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.