Pengenalan Breadboard dan IC 555

Breadboarding adalah cara terbaik untuk memulai “bermain-main” dengan elektronik, baik itu untuk hobi maupun untuk membangun suatu project yang lebih besar. Tidak perlu menggunakan solder dan Anda dapat meletakkan komponen-komponen dengan mudah begitu juga melepaskannya. Tidak perlu khawatir merusakkan komponen yang rawan panas karena proses penyolderan. Meskipun harga breadbord yang relatif lebih mahal daripada PCB, namun banyak keuntungan jika kita ingin bereksperimen dengan elektronika.

Video diatas menjelaskan bagaimana menggunakan breadboard untuk membuat rangkain timer sederhana menggunakan IC 555. Tetapi sebelumnya, silahkan buka link ini untuk mempelajari bagaimana membuat power suply.

IC 555 adalah IC yang cukup populer didunia elektronika, banyak digunakan mulai dari rangkaian sederhana sampai yang kompleks. Berbagai aplikasi timer dan multivibrator menggunakan 555 ini.

Rangkaian pertama yang paling dasar adalah membuat LED menyala “kelap-kelip”. Lalu dengan menambahkan berbagai komponen, seperti potensiometer, capasitor, dioda, resistor, serta beberapa timer 555 lagi, dapat dibuat penghasil noise.

Untuk rangkaian lebih jelasnya dapat didownload dari pdf berikut.

[ Video tidak tampil? Lihat langsung di Youtube]

Febrianto

Penulis Senior Ndoware.com yang lagi suka ngulik Arduino dan IoT. Hoby bermain game baik itu di komputer, gadget maupun di dunia nyata :)

1 Respon

  1. Jhoni berkata:

    Iya emang enak pake bredbord, bisa bongkar pasang sesukanya. tapi kalo untuk produksi si jelas butuh PCB

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.