Memantau Posisi Objek dengan GPS, GPRS & Mikrokontroler AVR

GPS (Global Positioning System) didesain untuk memberikan posisi dan kecepatan tiga dimensi serta informasi mengenai waktu, secara kontinyu di seluruh dunia tanpa bergantung waktu dan cuaca, bagi banyak orang secara simultan. Saat ini GPS sudah banyak digunakan orang di seluruh dunia dalam berbagai bidang aplikasi yang menuntut informasi tentang posisi, kecepatan, percepatan ataupun waktu yang teliti.

Begitu juga dengan Teknologi ponsel yang terus berkembang pesat, mulai dari layanan SMS, MMS, GPRS, 3G, dan lain sebagainya. Teknologi GPRS (General Packet Radio Service) memungkinkan ponsel untuk terhubung dengan jaringan internet sehingga manusia di seluruh dunia dapat bertukar data dengan cepat, dimanapun dan kapanpun.

Dimana internet terus berkembang dengan bermunculannya inovasi inovasi baru dalam pemrograman web,salah satunya adalah layanan Google Maps yang membantu pengguna dalam mencari tempat di bumi melalui peta dan gambar satelit.

Ide

pantau

Dari pembahasan teknologi GPS, GPRS, dan peta digital Google, timbul pemikiran untuk merancang sebuah alat pemantau objek menggunakan GPS receiver yang digunakan untuk menangkap informasi posisi onjek tersebut, kemudian mengirimkannya ke internet melalui teknologi GPRS. Dan akhirnya informasi tersebut disajikan kepada pengguna menggunakan web yang memanfaatkan peta Google sebagai interfacenya, untuk menunjukkan posisi objek tersebut.

Secara garis besar, prinsip kerja alat ini adalah menerima sinyal GPS yang dipancarkan oleh satelit, memproses data menggunakan mikrokontroler, kemudian mengirimkan data tersebut menggunakan ponsel melalui GPRS untuk disimpan di server di dalam jaringan internet, yang pada akhirnya data tersebut dapat diakses oleh pengguna yang terhubung dengan internet.

skema

Perancangan hardware yang digunakan meliputi:

  • GPS Reciever Modul
    GPS reciever module yang digunakan cukup yang sederhana saja (module recievernya saja, tanpa display). Salah satunya contohnya adalah TFAG-10 yang merupakan GPS receiver dengan output data dengan format yang distandarkan (NMEA), dan menggunakan komunikasi serial.
  • Mikrokontroller
    Mikrokontroller digunakan untuk memproses data mentah dari GPS receiver sehingga format datanya “dimengerti” oleh ponsel, serta memberikan perintah kepada ponsel menggunakan AT-COMMAND. Contoh Mikrokontroler yang digunakan adalah keluaran dari AVR dengan seri AT90S2313.
  • Ponsel dengan kemampuan GPRS
    Karena digunakan untuk mengirimkan data ke internet, tentu saja ponsel yang digunakan minimal sudah memiliki kemampuan jaringan internet (melalui GPRS dari provider seluler). Dalam hal ini digunakan dari SonyEricson T300.

image018

Untuk perancangan softwarenya, dibutuhkan perancangan program untuk

  • Mikrokontroller
    Software mikrokontroler (dalam hal ini menggunakan AVR AT90s2313) yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman mesin, ASSEMBLER, namun dapat juga menggunakan bahasa dengan level yang lebih tinggi seperti BASIC dan C.
    Code program yang disematkan ke dalam mikrokontroller akan memilih data yang dibutuhkan, dan kemudian memberikan instruksi kepada ponsel melalui AT-COMMAND.
  • Web userinterface
    Sedangkan untuk membuat web Userinterface, digunakan bahasa pemrograman antara lain sebagai berikut; HTML dan CSS untuk web layoutnya, PHP dan MySQL untuk mengolah data hasil pemantauan posisi koordinat. AJAX dan XML digunakan untuk mengolah data dan mengintregasikannya dengan Google Maps

 

Contoh tampilan web user Interface.

image014

image010touring to seloIndonesia

Disadur dari Skripsi/Tugas Akhir
Febrianto Adi Nugraha
Elektronika Instrumentasi UGM 2002

6 Respon

  1. imam berkata:

    salam kenal boz…
    w pengen tanya nih..
    data yang lengkap ttg GPS, web dimana ya..
    w mau buat referensi..
    TA w pengenya yg brhubungan dengan GPS n web ..
    tapi masih bingung…
    cm sdkt ada gambaranya..
    tolong di jawab ya boz..
    tau email aja..
    thax..

  2. dhani berkata:

    tentang gprs masih bingung, untuk dapat connect ngirim data ke server gimana ya caranya, atau mungkin kasih at command nya aja.
    terima kasih sebelumnya

  3. rahmat berkata:

    salam kenal kang,
    sy mau tanya juga nih,
    kalau nyambunging GPS receiver ke mikrokontroler (mode serial)gimana konfigurasinya?
    Trus supaya GPS bisa otomatis ngirim data di beri sintax/program apa ya?
    soalnya GPS sy d manual book cm dijelasin cara make GPS untuk pc aja,
    Terus terang sy pake bahasa assembly krn sy pake At89S5X
    tolong dijawab ya kang/kirim lewat email,
    matur nuhun

  4. Iqbal berkata:

    Koneksi GPS ke mikrokontrollernya bgmn k? Mohon balesannya…

  5. hendarta berkata:

    ^____^ baru tahu hari ini..
    Salam kenal mas Feberianto..
    TA-nya mirip sekali dengan TA saya (tahun 2009), bedanya saya memakai built in GPS-nya Nokia N78 dan tidak memakai mikrokontroller.
    Seandainya dulu menemukan tulisan ini..

    @dhani: mengirim data koordinat via GPRS bisa dilakukan dengan membuat aplikasi J2ME, lalu di web di dalam folder “htdocs” ada source terimaDataDariHP_insertToDatabase.php (spt metode GET/POST biasanya).

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.