Flowchart Percabangan

Dalam pemrograman, percabangan merupakan salah struktur kendali yang memungkinkan pemilihan atas perintah yang akan dijalankan.

Percabangan sering disebut juga dengan decisions atau pengambilan keputusan.

Ada beberapa jenis percabangan yang sering dipakai dalam pemrograman, yaitu:

 

Percabangan Sederhana

Secara sederhana percabangan dapat digambarkan seperti dalam flowchart berikut:

percabangan-sederhana

Pada flowchart di atas “perintah 1” akan dilakukan jika “kondisi benar”, sedangkan “perintah 2” akan dilakukan jika ”kondisi salah“.

 

Percabangan Bersarang

Selain bentuk diatas, dalam percabangan juga dikenal istilah percabangan bersarang (Nested IF),

Bentuk sederhana dari percabangan bersarang jika digambarkan dalam flowchart bentuknya akan seperti berikut:

percabangan-bersarang

Pada flowchart tersebut, “perintah 1” dilakukan saat “kondisi 1” bernilai benar, sedangkan jika nilainya salah, maka akan dijalankan “kondisi 2”.

Selanjutnya pada “kondisi 2”, jika nilainya benar maka “perintah 2” akan dijalankan, sedangkan jika salah maka “perintah 3” yang akan dijalankan.

Kedua bentuk percabangan di atas merupakan dasar dari bentuk percabangan selanjutnya, yaitu percabangan kompleks.

 

Percabangan Kompleks

Dalam percabangan kompleks, sebuah percabangan dapat mempunyai percabangan lain didalamnya, hal ini akan sangat dibutuhkan dalam sebuah program yang kompleks.

Berikut flowchart yang menggambarkan sebuah percabangan kompleks.

percabangan-kompleksPada percabangan kompleks di atas, saat “kondisi 1” bernilai benar, maka akan dilakukan pengecekan pada “kondisi 2” jika benar maka “perintah 1” akan dilakukan, jika salah maka “perintah 2” yang akan dilakukan.

Sedangkan pengecekan pada “kondisi 3” akan dilakukan jika hasil pengecekan pada “kondisi 1” bernilai salah, selanjutnya hasil pengecekan dari “kondisi 3” akan menentukan perintah yang akan dilakukan, apakah “perintah 3” atau “perintah 4”.

Dari gambar flowchart percabangan kompleks tersebut juga dapat dipilah bahwa “kondisi 1” dan “kondisi 3” mewakili percabangan bersarang, sedangkan “kondisi 2” mewakili percabangan sederhana.

 

Syntax Percabangan

Syntax yang umum digunakan dalam percabangan adalah

IF dan IF… ELSE untuk percabangan sederhana,

IF… ELSE IF… untuk percabangan bersarang,

Selain itu ada syntax alternatif lain yang dalam bahasa pascal dikenal dengan CASE…OF atau SWITCH dalam bahasa C, untuk lebih jelas Anda bisa cek contoh source code percabangan disini, program tersebut dibuat dengan menggunakan bahasa VHDL untuk memprogram FPGA.

Dalam membuat program, perintah percabangan akan sangat dibutuhkan, terutama saat membuat program-program dengan algoritma yang kompleks.

Demikian artikel tentang Flowchart Percabangan, jika Anda masih belum paham atau lupa konsep tentang Diagram alir atau Flowchart bisa dibaca disini.

Semoga bermanfaat.

7 Respon

  1. Zerone Blog berkata:

    Terimakasih infonya gan

  2. Anggi berkata:

    Gan contoh flowchart peecabangan 2kondisi menggunaka if then dan case of bagaimana yak

  3. I hero berkata:

    bang untuk jenis-jenis stuktur algoritma percabangan ini klw secara universal tanpa melihat pengimplementasian bahasa program nya itu ada 3 (if, if-else, atau nested-if) jenis doang apa gimana?

    • Febrianto berkata:

      betul, namun ada satu lagi yaitu “case of” atau “switch” tapi ini juga bentuk turunan dari banyak if else if else…

  1. 18 Oktober 2012

    […] dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harus ditelusuri dengan hati-hati. Percabangan-percabangan yang memotong aktivitas yang sedang digambarkan tidak perlu digambarkan pada flowchart […]

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.