Tags : MikrokontrolerProgrammableTeknologiAlterarobotPemrogramanPLCMCS-51MikroprosesorchipFPGAVHDL8051
Home » Mikrokontroler » Set Perintah Mikrokontroler MCS-51

Set Perintah Mikrokontroler MCS-51

Oleh , 10 Juli 2011.

Set instruksi dari MCS-51 terdiri dari perintah transfer data, perintah aritmatika, perintah logika, perintah manipulasi variable Boolean dan instruksi transfer. MCS-51 mendukung 111 perintah yang dapat diklasifikasikan sebagai perintah satu-byte, dua-byte, dan tiga-byte. Ada 45 perintah satu byte, 45 perintah dua-byte, dan 17 perintah tiga-byte. Format perintah terdiri dari sebuah mnemonic diikuti oleh tujuan dan source fields, sebagaimana ditunjukkan di gambar berikut:

fig4-6

Perintah Transfer Data

Perintah transfer data dari 8051 dapat dilihat dalam tabel di bawah. Terdapat perintah MOV, MOVX, MOVC, PUSH, POP, dan pertukaran XCHG, perintah-perintah XCH. Perintah transfer data tidak mempengaruhi flag PSW manapun. Namun, jika terdapat MOV atau POP langsung ke PSW, ini dapat dipengaruhi oleh PSW.

tabel-4-2

Perintah Aritmatika

MCS-51 mendukung operasi aritmatika 8-bit tak-bertanda. Namun, ini memungkinkan untuk menjalankan penambahan dan pengurangan bertanda dan tak-bertanda dengan menggunakan flag OV. Aritmatika BCD juga memungkinkan dalam BCD yang terkemas. Ada operasi pembagian dan perkalian tak-bertanda yang didukung langsung oleh perintah-perintah. Berikut adalah daftar perintah aritmatika:

fig-4-3

· kirim komentar

Komentar

Tambahkan komentar anda di bawah, atau trackback dari situs anda. Berlangganan komentar ini melalui RSS.

Silahkan berdiskusi yang padat dan berisi. Tetap pada topik. Dilarang spam.