Robot Pembersih Ranjau Laut

Salah satu warisan berbahaya konflik paling mematikan di dunia, sekitar 150.000 perang laut di PDII yang meninggalkan sampah ranjau di Perairan Baltic.

Bahaya dari ranjau-ranjau ini telah mendorong Russia untuk menyewa perusahaan British Internation BACTEC untuk membersihkan laut dari bom yang tidak meledak. Dan bagi BACTEC ini adalah saatnya mereka untuk menerjunkan robot mereka.

robot-ranjau

Robot pembersih Ranjau Laut. via popsci.com

BACTEC yang sebelumnya telah berpengalaman memberihkan ranjau disekitar Pulau Falkland, akan menggunakan robot yang dirancang khusus untuk menjelajahi dasar laut untuk mencari 70 bom yang mengalangi jalur pipa.

Untuk melindungi biota laut, pada saat robot pembersih ranjau laut tersebut menemukan ranjau, kapal pemandu dipurmakaan akan mengeluarkan sirine bernada tinggi untuk mengusir mamalia laut dan ikan disekitar ranjau, kemudaian robot tersebut meledakkan ranjau tersebut. Secara keseluruhan, BACTEC mebutuhkan setidaknya 2 hari untuk membersihkan ranjau tersebut.

[via popsci.com]

Febrianto

Penulis Senior Ndoware.com yang lagi suka ngulik Arduino dan IoT. Hoby bermain game baik itu di komputer, gadget maupun di dunia nyata :)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.