Tags : 8051ProgrammablerobotchipMikrokontrolerVHDLMCS-51MikroprosesorAlteraTeknologiFPGAPemrogramanPLC
Home » Pemrograman » Perulangan (Loop)

Perulangan (Loop)

Dalam konteks pemrograman perulangan adalah pengulangan suatu proses hingga batas yang telah ditentukan. Secara umum dikenal dua jenis perulangan yaitu perulangan iteratif dan rekursif.

1. Perulangan Iteratif merupakan struktur kontrol perulangan yang umumnya menggunakan perintah-perintah yang telah tersedia pada bahasa pemrograman, setiap bahasa pemrograman mempunyai perintah perulangan yang berbeda-beda, tetapi secara umum ada tiga perintah perulangan yang digunakan yaitu: For, While dan Repeat.
Dalam perulangan iteratif, proses perulangan akan dilakukan jika kondisi untuk memulai proses perulangan terpenuhi dan akan berhenti jika kondisi untuk menghentikan perulangan terpenuhi. Berikut contoh perulangan iteratif

iterasi

Dari contoh diatas perulangan akan dilakukan jika nilai pangkat yang diinputkan (variabel y) lebih dari “0” dan akan berhenti jika nilai variabel i telah sama atau lebih dari nilai pangkat yang diinputkan. Contoh program selengkapnya dapat didownload di sini.

2. Perulangan Rekursif adalah sebuah metode perulangan dengan menggunakan fungsi. Dalam metode ini terdapat proses fungsi melakukan pemanggilan dirinya sendiri, tetapi dalam fungsi tersebut juga dibutuhkan keadan untuk menghentikan proses. Sebagai contoh program menghitung pangkat dibawah ini.

rekursif

Pada function ”HitungPangkat” terdapat proses pemanggilan dirinya sendiri selama nilai dari variabel b tidak sama dengan 0. Programnya dapat didownload di sini.

Program-program tersebut dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman pascal, anda dapat memodifikasinya sesuai dengan bahasa pemrograman yang anda kuasai. Selamat mencoba…

· kirim komentar

Komentar

Tambahkan komentar anda di bawah, atau trackback dari situs anda. Berlangganan komentar ini melalui RSS.

Silahkan berdiskusi yang padat dan berisi. Tetap pada topik. Dilarang spam.