Tags : ProgrammableVHDLMikrokontrolerchipPLCMikroprosesorTeknologiAlteraMCS-51robotFPGA8051Pemrograman
Home » Mikrokontroler » Mode Pengalamatan Mikrokontroler 8051

Mode Pengalamatan Mikrokontroler 8051

Oleh , 6 Juli 2011.

Mode pengalamatan Mikrokontroler 8051 menjabarkan cara bagaimana operan diakses dengan instruksi. Ada 5 mode pengalamatan yang didukung oleh MCS-51:

Pengalamatan Register Mikrokontroler 8051

Dalam pengalamatan register, register R0 sampai R7 dari register bank yang telah dipilih, akumulator, B-register, bit pembawa dan DPTR digunakan. Sebuah instruksi MCS-51 menggunakan mode pengalamatan ini menunjukkan register-register R0 sampai R7 opcode-nya sendiri. Bit-bit yang kurang signifikan dari opcode mengindikasikan register mana yang akan digunakan. hal ini ditunjukkan oleh gambar berikut

fig4-1

Pengalamatan Langsung

Dalam mode pengalamatan langsung, alamat langsung dari operand ditentukan oleh instruksi itu sendiri sebagaimana ditunjukkan di bawah. Mode pengalamatan langsung menggunakan 128 bytes RAM internal yang lebih rendah dan register fungsi khusus (SFR). Sebagai contoh, instruksi MOV A, Direct, menggunakan alamat langsung dari operand sumber. Maka, MOV A, 54H akan mentransfer konten dari lokasi memori on-chip, yang mana alamatnya adalah 54H di akumulator. Dengan cara serupa, untuk membaca konten dari SFR SBUF ke dalam akumulator, kita dapat menggunakan instruksi MOV A, SBUF. Perlu dicatat bahwa SFR SBUF memiliki alamat langsung 99H, yang terletak di 128 bytes RAM on-chip yang lebih lebih tinggi. Gbr.4.3 menunjukkan ruang memori yang dialamatkan oleh mode pengalamatan ini. Ini adalah satu-satunya metode untuk mengakses SFRs.

fig4-2

Pengalamatan Register Tidak Langsung

Pengalamatan register tidak langsung pada Mikrokontroler 8051 menggunakan salah satu dari register-register R0 atau R1, dari register bank yang telah dipilih, sebagai penunjuk ke lokasi di blok memori data sebesar 256 bytes. Hal tersebut dapat merujuk ke 128 bytes RAM internal yang lebih rendah, (dan 128 bytes RAM internal yang lebih tinggi berkaitan dengan 8032/52), atau 256 bytes memori data eksternal yang lebih rendah. Gbr.4.4 menunjukkan alamat memori yang dialamatkan oleh mode pengalamatan tidak langsung. Perlu dicatat bahwa SFRs tidak dialamatkan oleh mode ini. Secara serupa, memori eksternal melampaui 256 bytes yang lebih rendah tidak dialamatkan.

fig4-3fig4-4

Pengalamatan Segera

Pengalamatan segera memungkinkan penggunaan data segera (konstan) sebagai bagian dari instruksi. Sebagai contoh, instruksi MOV A, #45H, akan menyimpan data 45H konstan atau segera di dalam akumulator. Perlu dicatat bahwa symbol # di depan konstan mengindikasikan tipe data segera.

Register Dasar Ditambah

Pengalamatan register indeks Mode ini memungkinkan byte diakses dari memori program, dimana alamat dihitung sebagai jumlah dari register dasar (DPTR atau PC) dan register indeks, akumulator. Ini ditunjukkan di gbr.4.5. Sebagai contoh, instruksi MOVC A, @A+DPTR akan mengambil byte dari memori program, dimana alamatnya dihitung dengan menambahkan konten 8-bit tak bertanda yang asli dari akumulator dan konten 16-bit dari DPTR. Jika DPTR-nya memiliki 0FFF0H dan akumulatornya memiliki 05H, maka byte yang tersimpan di 0FFF5H akan dikopi kedalam akumulator. Metode ini membantu akses tabel pencarian pada Mikrokontroler 8051.

fig4-5

· kirim komentar
  • Ndoware

    Ndoware…

    […] something about ndoware[…]…

Komentar

Tambahkan komentar anda di bawah, atau trackback dari situs anda. Berlangganan komentar ini melalui RSS.

Silahkan berdiskusi yang padat dan berisi. Tetap pada topik. Dilarang spam.