Tags : PLCProgrammableMikrokontrolerTeknologiFPGAMCS-51chipVHDL8051AlteraPemrogramanMikroprosesorrobot
Home » FPGA » CPLD (Complex PLD)

CPLD (Complex PLD)

Oleh , 25 November 2009.

Arsitektur dasar dari pembuatan CPLD dapat dilihat pada gambar CPLD. Seperti yang terlihat, CPLD terdiri atas beberapa PLD(pada umumnya bertipe GAL) yang dibuat sebagai sebuah kesatuan chip. CPLD juga memiliki matriks pengubah yang berifat programmable yang berfungsi untuk menghubungkan PLD satu sama lain dan juga menghubungkannya dengan pin I/O. Selain itu, CPLD juga memiliki beberapa ciri khas tambahan, seperti:dukungan JTAG, antar muka(interface) untuk daya standar logika yang lain (1,8 V, 2,5 V, 5 V, dsb).

CPLD

Gambar Arsitektur  CPLD

Salah satu contoh CPLD adalah XC9500 buatan Xilinx. CPLD jenis ini mengandung n PLD di mana n = 2,4,6,8,12,16.Ttiap-tiap PLD tersebut memiliki arsitektur mirip dengan GAL seri 36V18(mirip seperti arsitektur GAL 16V8, gambar tulisan yang lalu) memiliki 36 input dan 18 output, termasuk 16 input dan 8 output sehingga masing-masing terdapat 18 macrocell.

Beberapa perusahaan pembuat CPLD adalah Altera, Xilinx, Lattice, Atmel, Cypress, dsb. Contoh CPLD buatan dua perusahaan besar, Xilinx dan Altera ditunjukkan pada tabel berikut. Seperti yang terlihat, lebih dari 500 macrocell dan 10.000 gerbang dapat ditemukan pada masing-masing CPLD.

Tabel spesifikasi CPLD buatan Altera

Altera CPLD

Tabel spesifikasi CPLD buatan Xilinx

Xilinx CPLD

Referensi : Circuit Design with VHDL by Volnei A. Pedroni, published by MIT Press.


· kirim komentar

Komentar

Tambahkan komentar anda di bawah, atau trackback dari situs anda. Berlangganan komentar ini melalui RSS.

Silahkan berdiskusi yang padat dan berisi. Tetap pada topik. Dilarang spam.