ndoWare

Perbedaan Arduino Uno dan Arduino Nano

Dengan Arduino kita bisa dengan mudah dan cepat mengembangkan alat-alat elektronika menggunakan mikrokontroller. Learning cycle yang simple membuat pemula pun mudah menguasainya.

Arduino Uno dan Arduino Nano adalah salah satu, eh dua :) papan pengembangan mikrokontroller buatan Arduino.org

Sebenarnya selain Arduino Uno dan Nano ada banyak lagi keluarga dari Arduino board. Seperti Arduino Mega, Mini, Yun, dll.

Namun kali ini kita akan membandingkan dua board tersebut karena secara sistem keduanya mirip, dan keduanya sering dipakai di proyek-proyek mikrokontroller.

Dari segi mikrokontrollernya, di pasaran ada beberapa versi arduino Nano yang menggunakan ATmega328P dan ada juga yang menggunakan ATmega16. Yang kita bandingkan sekarang adalah yang sama seperti Arduino Uno menggunakan ATmega328P.

Kita akan bahas kesamaan dan perbedaan keduanya dan mana yang lebih baik dan cocok untuk proyek elektronika.

Persamaan

Sebelum kita bahas perbedaannya, kita harus ketahui persamaannya, sehingga dapat membandingaknnya secara apple to apple.

Perbedaan

Meskipun menggunakan mikroposesor yang sama, secara fisik sangat terlihat jelas perbedaan Arduino Uno dan Nano

Kapan memakai Arduino Uno

Jadi kapan kita menggunakan Arduino Uno?

Kapan memilih Arduino Nano

Namun, bukan berarti kita Uno lebih baik daripada Nano, karena Arduino Nano pun punya kelebihan yang bisa kita manfaatkan.

Saya pribadi punya lebih banyak Nano daripada Uno, karena selain lebih murah, lebih kecil, Nano langsung dipasang di alat dan tidak banyak dilakukan perubahan lagi, jam digital, sensor deteksi bayi bangun, robot line follower, saklar lampu otomatis, dll

Namun tetap meyimpan dan memakai 1 Arduino Uno saya, karena untuk rapid prototyping alat baru akan lebih mudah memakai Arduino Uno. Jika program sudah siap tinggal kita upload ke Nano.

Jadi masing-masing board punya kelebihannya & kekurangan masing-masing, silahkan pilih sesuai kebutuhan.

Selamat berkarya..

.

tips: untuk membuat alat jadi bisa dipertimbangkan menggunakan Arduino Pro Mini, bentuknya lebih kecil lagi daripada nano karena tanpa IC USB/downloader

Exit mobile version