Kategori Pemrograman

FUZZY LOGIC (LOGIKA FUZZY) Bagian I

Fuzzy Logic (Logika Fuzzy) atau biasa juga disebut dengan Logika Samar merupakan suatu cara yang tepat untuk memetakan suatu ruang input ke dalam suatu ruang output didasari oleh konsep himpunan fuzzy. Gambar : Pemetaan...

BASIS DATA

Basis data atau database merupakan komponen dasar dalam pembangunan sebuah sistem yang berbasis komputer. Seperti namanya ‘basis data’ berarti sudah bisa ambil kesimpulan bahwa database merupakan sekumpulan data-data penting. Setiap pemrograman pasti menggunakan database, yang...

DIAGRAM ENTITAS RELASIONAL (Diagram E-R) Bag.II

Alohaa… ini merupakan pembahasan lanjutan dari diagram E-R Bag.I. Seperti yang sudah direncanakan pada bagian I bahwa pada bagian ini akan ngebahas sebuah contoh kasus yang menggunakan perancangan diagram E-R. KASUS Topik yang dipilih...

DIAGRAM ENTITAS RELASIONAL (Diagram E-R) Bag.I

Diagram E-R atau sering disebutkan secara panjang yaitu Diagram Entitas Relasional atau juga dalam versi bahasa inggris nya adalah Entity Relationship Diagram (ERD) merupakan bentuk perancangan dari tahap pembuatan database (basis data). Udah pada...

Diagram Alir (Flowchart)

Didalam pemrograman sangat dikenal dengan diagram alir (flowchart) yang digunakan untuk membantu analis dan programmer untuk memecahkan masalah dalam pemrograman. Diagram Alir (Flowchart) adalah gambaran secara grafik yang terdiri dari simbol-simbol dari algoritma-algoritma dalam suatu...

Mengenal Array Dalam Pemrograman

Apakah Array itu? Sebelum dibahas lebih lanjut tentang array, harus diketahui sebelumnya bahwa array tuh sering juga disebut dengan larik. Jadi… kalo’ misalnya kamu membaca sebuah buku jenis buku bahasa pemrograman dan ada penulisan...

Sistem Pakar

Anda pernah mendengar tentang MYCIN sebuah aplikasi komputer yang dapat membantu dokter dalam mendiagnosa penyakit seseorang, aplikasi yang dibuat pada tahun 70-an tersebut mengapdosi pengetahuan para ahli ke aplikasi komputer, agar aplikasi komputer tersebut...

Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) istilah yang mungkin akan mengingatkan kita akan kehebatan optimus prime dalam film The Transformers. Kecerdasan buatan memang kerap diidentikkan dengan kemampuan robot yang dapat berperilaku seperti manusia. Definisi...

Sejarah Algoritma

Pada artikel-artikel sebelumnya kita sering menemukan kata algoritma, tahukah anda mengenai asal-usul algoritma?. Menurut para ahli sejarah matematika, algoritma (algorithm) merupakan latinisasi dari nama Muhammad bin Musa Al-Khuwarizmi seorang ahli matematika, astrologi, astronomi dan...

Membuat Aplikasi Konversi Desimal ke Biner

Konversi bilangan dari desimal ke biner dapat dilakukan dengan membagi bilangan desimal tersebut dengan dua, kemudian sisa hasil baginya disimpan sebagai bagian dari bilangan biner, selanjutnya jika hasil bagi bilangan tersebut belum habis maka...

Flowchart Percabangan

Dalam pemrograman, percabangan merupakan salah struktur kendali yang memungkinkan pemilihan atas perintah yang akan dijalankan. Percabangan sering disebut juga dengan decisions atau pengambilan keputusan. Ada beberapa jenis percabangan yang sering dipakai dalam pemrograman, yaitu:...

Perulangan (Loop)

Dalam konteks pemrograman perulangan adalah pengulangan suatu proses hingga batas yang telah ditentukan. Secara umum dikenal dua jenis perulangan yaitu perulangan iteratif dan rekursif. 1. Perulangan Iteratif merupakan struktur kontrol perulangan yang umumnya menggunakan...

Aritmetika Biner

Seperti pada bilangan desimal, dalam bilangan biner dapat dilakukan operasi aritmatika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Penjumlahan Biner Penjumlahan bilangan biner serupa dengan penjumlahan pada bilangan desimal. Dua bilangan yang akan dijumlahkan disusun...

Pendekatan Modular dalam Pemrograman Terstruktur

Istilah Pemrograman Terstruktur (Structured Programming) mengacu dari suatu kumpulan tehnik yang dikemukan oleh Edsger Dijkstra. Dengan tehnik ini akan meningkatkan produktifitas programmer, dengan mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam penulisan (write), pengujian (test), penelusuran kesalahan...

Paradigma Pemrograman

  Paradigma adalah sudut pandang tertentu yang digunakan terhadap suatu problem, realitas, keadaan dan sebagainya. Paradigma membatasi dan mengkondisikan jalan berpikir seseorang, mengarahkannya terhadap beberapa atribut dan mengabaikan atribut lain, sehingga paradigma hanya memberikan...

Sejarah Pemrograman Komputer

Pada tahun 1822, Charles Babbage seorang mahasiswa di Universitas Cambridge Inggris mengembangkan sebuah mesin untuk mengelola data-data agar mudah digunakan, mesin tersebut diberi nama ‘Difference Enggine’. Setelah bekerja selama 10 tahun pada mesinnya, Charles...

Sistem Bilangan

Cuma mau berbagi informasi tentang Sistem Bilangan. Berikut ini uraiannya. Bahwa ada beberapa sistem bilangan yang digunakan dalam sistem digital, yaitu : Bilangan Biner (Sistem Bilangan Basis Dua), Bilangan Oktal (Sistem Bilangan Basis Delapan),...