ndoWare

GAL (Generic PAL)

Arsitektur GAL(Generic PAL) diperkenalkan oleh Lattice pada awal tahun 1980-an. GAL berisi beberapa pengembangan penting dari rancangan PAL yang pertama kali, yaitu

1. Adanya tambahan berupa sel output (dinamakan Macrocell) yang berisi flip-flop, beberapa gerbang logika dasar dan multiplekser. Macrocell sendiri bersifat programmable sehingga bisa dioperasikan dengan beberapa cara.

2. Adanya sebuah sinyal feedback dari Macrocell ke susunan yang bersifat programmable. Hal ini menyebabkan kemampuan sirkuit lebih beraneka ragam.

3. Adanya EEPROM yang lebih baik daripada sekedar PROM atau EPROM. Sebuah penanda elektronik untuk identifikasi juga merupakan salah satu pengembangan chip dari PAL ke GAL.

Pada perkembangan awal, GAL hanya berupa SPLD(Simple PLD) yang masih dihasilkan dalam paket terpisah. Selanjutnya, GAL kemudian dilengkapi dengan berkas dasar yang terdapatsecara umum pada CPLDs(kecuali pada CPLD Cool Runner dimana masih menggunakan standar PLA).

Pada gambar A3 ditunjukkan salah satu contoh GAL, yakni GAL 16V8(V berarti versatile). GAL 16V8 total memiliki 20 pin dimana ada 16 input, 8 output(yang lain berupa VCC dan GND). Sedangkan untuk konfigurasi chipnya sebagai berikut:

Gambar A3-GAL(Generic PAL)

Pada tiap-tiap output terdapat Macrocell(setelah gerbang OR) yang berisi flip-flop, gerbang logika dasar, dan juga multiplekser. Sebuah sinyal feedback dapat dilihat dari macrocell ke susunan yang bersifat programmable(lebih jelas, silahkan perhatikan gambar). Kemudian, sambungan yang bersifat programmable ditunjukkan dengan bulatan kecil. Perhatikan bahwa arsitektur tersebut menyerupai secara langsung bentuk dari PAL, kecuali adanya macrocell pada tiap-tiap output dan adanya siyal feedback.

GAL menggunakan teknologi CMOS untuk masalah daya yaitu sebesar 3,3 V, adanya teknologi EEPROM atau flash serta maksimum frekuensi sekitar 250 MHz. Beberapa perusahaan yang memproduksi GAL adalah Lattice, Atmel, TI, dsb.

Referensi : Circuit Design with VHDL by Volnei A. Pedroni, published by MIT Press.

Exit mobile version