Tags : TeknologiPemrogramanMikroprosesorrobotPLCMikrokontrolerVHDLAlteraFPGAMCS-51Programmablechip8051
Home » Teknologi » UFO Tenaga Surya

UFO Tenaga Surya

Oleh , 27 Agustus 2009.

solar_ufo

Jepang tidak pernah membuat kita berhenti berdecak kagum. Dari Negara tersebut banyak tercipta robot yang dapat membantu manusia, dan yang terbaru yaitu UFO mengapung yang bertugas untuk membersihkan seluruh saluran air di Osaka. Dirancang oleh perusahaan mesin NTT Facilities, UFO tenaga surya ini akan diletakkan di kanal Dotonbori dan selokan di sekitar Kastil Osaka.

solar_ufo_1

Mesin berbentuk piringan ini memiliki berat sekitar 3.4 ton dengan tinggi 1.6 meter dan lebar 5 meter. Sepanjang harinya, susunan panel surya mensuplai energi untuk menjalankan sistim filtrasi, yang memompa oksigen ke udara ketika menyingkirkan kotoran-kotoran. Pada malam harinya, sebuah baterai surya dengan daya 1.3 kilowatt menyediakan energi bagi lampu LED menerangi sisi pinggir UFO.

solar_ufo_3

UFO ini membersihkan polutan-polutan dari 2.400 galon per hari, menyedot air yang sudah tercemar melalui bagian dasarnya dan menyemprotkan air bersih melalui bagian atap UFO sehingga menyerupai air mancur. Tidak hanya menciptakan air mancur yang terlihat indah, tapi dengan semprotan air tersebut dapat mendinginkan panel-panel surya, sehingga menambah efisiensi.

UFO tenaga surya ini diciptakan dengan menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh NTT Facilities, sebuah perusahaan berbasis di Tokyo (merupakan anak perusahaan dari grup NTT) yang bisnisnya mencakup arsitektur, konstruksi, perancangan sistim penyediaan energi, dll. Sekarang ini, mesin ini tidak untuk dijual.

UFO ini ditempatkan di saluran-saluran air tersebut sebagai bagian dari usaha panjang untuk merevitalisasi kawasan pesisir pantai Osaka. Alat penjernih di saluran air akan ditempatkan hingga pertengahan Oktober tahun ini, dan satu buah yang ada di selokan kastil akan terus mengapung di sana hingga Maret tahun depan. NTT Facilities juga mengumumkan untuk menempatkan UFO ini di kawasan Tokyo dalam waktu dekat.

Sumber: www.pinktentacle.com

· kirim komentar

Komentar

Tambahkan komentar anda di bawah, atau trackback dari situs anda. Berlangganan komentar ini melalui RSS.

Silahkan berdiskusi yang padat dan berisi. Tetap pada topik. Dilarang spam.