Tags : robotchipMCS-51MikroprosesorAlteraProgrammablePLC8051FPGAVHDLMikrokontrolerTeknologiPemrograman
Home » Jurnal » Simulasi Jam Digital dengan EMU 8086

Simulasi Jam Digital dengan EMU 8086

Oleh , 20 Mei 2009.

jam_digitalTeknologi makin memudahkan kita dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berkembangnya teknologi hampir tidak ada kata impossible di dalam hidup ini (bagi yang mau berusaha tentunya). Kita tentu selalu lekat dengan waktu, tidak bisa dipungkiri waktu memiliki peranan besar di dalam hidup. Mungkin karena alasan inilah diciptakan jam.

Apakah anda pernah mencoba membuat suatu program jam digital? Tidak mungkin? Siapa bilang! Kita juga dapat membuat suatu jam digital sederhana dan unik. Masih ragu juga? Di sini akan kita bahas sampai tuntas tentang pembuatan jam digital sederhana.

Salah satu contoh mudah untuk merancang jam digital, dengan menggunakan simulator misalnya Emulator 8086. Pada Emu8086 bahasa yang digunakan adalah bahasa assembly. Berikut ini contoh listing programnya:

code_jam

Emu8086 – assembler and microprocessor emulator 4.05:

emulator405

Original Source Code:

original_source

Emulator: noname.com:

emulator

Tampilan jam digital dengan menggunakan LED Display:

result

Namun jam digital ini masih memiliki kekurangan. Port 199 yang berupa LED Display hanya dapat menampilkan 5 digit. Dan karena kapasitasnya sebanyak 2 byte, maka dari 5 digit itu masing-masing memuat 16 bites. Jadi jam digital ini hanya dapat menampilkan 65535 desimal. Dengan kata lain jam digital ini maksimal dapat menampilkan waktu hingga jam ke 6, menit ke 55, dan detik ke 35. Atau berarti jam 06.55.35. Nah, selamat mencoba yaaaa ^^.

Jurnal ndoWare adalah artikel-artikel yang disadur dari Makalah, Skripsi, Tugas Akhir, Thesis, Disertasi, Karya Ilmiah dalam bidang Teknologi, Elektronika dan Komputer

Publikasikan Jurnal anda di ndoWare.com

· kirim komentar

Comments are closed.