Tags : TeknologiMCS-51VHDLrobotPLCFPGAProgrammablechipAltera8051MikrokontrolerMikroprosesorPemrograman
Home » FPGA » Sekilas Tentang FPGA

Sekilas Tentang FPGA

Field Programmable Gate Array (FPGA) merupakan sebuah IC digital yang sering digunakan untuk mengimplementasikan rangkaian digital.

Field Programmable

Bila dilihat dari segi namanya, Field Programmable dapat diartikan bahwa FPGA ini bersifat dapat dirancang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan user/pemakai tanpa melalui tahap “burn” di laboratoruim atau di “hardwire” oleh pabrik piranti. Bayangkan, bila kita hendak memprogram chip yang isinya dapat kita tentukan sendiri dan tidak perlu susah payah memesan dari pabrik. Cukup mudah dan mengasyikan bukan???

Gate Array

Sedangkan Gate Array artinya bahwa FPGA ini terdiri atas gerbang-gerbang digital dimana interkoneksi masing-masing gerbang tersebut dapat dikonfigurasikan antara satu sama lainnya.

Salah satu FPGA buatan Altera

Salah satu FPGA buatan Altera

FPGA ini dikembangkan sejak tahun 1984 oleh perusahaan Xilinx yang berbasis di San Jose, CA. Perkembangan selanjutnya, FPGA ini mulai diproduksi oleh beberapa perusahaan misalnya, Altera, Lattice, dan Quicklogic. Diantara perusahaan-perusahaan tersebut, terdapat 2 perusahaan yang mendominasi produksi FPGA di seluruh dunia yaitu Xilinx dan Altera.

Salah satu FPGA buatan Xilinx

Salah satu FPGA buatan Xilinx

FPGA merupakan sebuah IC digital yang bersifat programmable. User atau pemakai dapat memakai IC digital ini secara berulang-ulang untuk menyesuaikan program apa yang akan didownload ke dalam FPGA ini. Program tersebut nantinya akan dibuat oleh user  menggunakan software yang ada untuk kemudian disimulasikan. Setelah simulasi berjalan lancar dan berhasil, program tersebut siap untuk didownload ke dalam FPGA, begitu mudah, efisien dan sederhana. Lalu bagaimana ketika program tersebut gagal untuk disimulasikan??? Mudah saja, user atau pemakai hanya perlu menyusun ulang program dalam komputer sesuai yang dibutuhkan dan ketika sudah siap, download lagi program tersebut ke FPGA, begitu untuk seterusnya.

Sifat FPGA

FPGA ini bersifat volatile, yang artinya ketika sumber daya yang menyuplainya dicabut maka secara otomatis FPGA akan kehilangan fungsinya. FPGA ini tidak dilengkapi dengan memory. Jadi FPGA ini tidak mampu menyimpan program ketika supply tenaganya dicabut. User atau pemakai harus mendownload ulang program ke dalam FPGA lagi untuk mengimplementasikan program tersebut.

Pengaplikasian FPGA

Pengaplikasian teknologi FPGA ini sangatlah luas, baik di bidang elektronika, instrumentasi, navigasi, kesehatan, industri dan lain sebagainya. Contoh pengaplikasian teknologi FPGA antara lain:

dan lain sebagainya.

· kirim komentar
  • dblue

    Thanx for this very useful info.. 🙂
    Penasaran..saya dapet informasi kalo para IT lovers suka enggan membeli development kit FPGA..alasan utamanya apa ya?kalo karena harga aja kayanya kurang tepat mungkin ya?

  • ISI FPGA | ndoWare

    […] yang diketahui, Field Programmable Gate Array atau yang lebih dikenal dengan FPGA merupakan sebuah IC digital yang dapat diprogram sesuai dengan […]

  • FPGA Design Software | ndoWare

    […] Field Programmable Gate Array (FPGA) merupakan sebuah IC digital yang sering digunakan untuk mengimplementasikan rangkaian digital. Jadi, bentuk utama sebuah FPGA adalah Intgrated Circuit (IC). Dua buah perusahaan yang cukup terkenal sebagai pembuat FPGA adalah Xilinx dan Altera. […]

  • Implementasi FPGA Pada Alat Bantu Dengar - ndoWare | Jurnal | ndoWare

    […] sinyal digital di bidang medis adalah untuk alat bantu pendengaran. Dengan penerapan teknologi FPGA (field programmable gate arrays) pada alat bantu dengar diharapkan mampu membuat alat bantu dengar yang mempunyai kemampuan yang […]

Komentar

Tambahkan komentar anda di bawah, atau trackback dari situs anda. Berlangganan komentar ini melalui RSS.

Silahkan berdiskusi yang padat dan berisi. Tetap pada topik. Dilarang spam.