Tags : MCS-51PemrogramanFPGAMikrokontrolerVHDLAlterachipProgrammableTeknologiPLCMikroprosesorrobot8051
Home » Teknologi » Robot yang Ramah

Robot yang Ramah

Oleh , 20 Mei 2009.

wizkidFrederic Kaplan, seorang peneliti di EPFL (Ecole Polytechnique Federale de Lausanne, Switzerland) dan Martino d Esposito, seorang perancang perindustrian yang mengajar di ECAL (The University of Art and Design at Lausanne), bekerja bersama-sama pada disain dan pembentukkan wizkid. Mereka akhirnya mendirikan laboratorium EPFL + ECAL , untuk mendukung proyek wizkid.

Satu dari hal-hal baru yang ada pada Wizkid yaitu wizkid dibuat non-statis dan dapat mengatur dirinya sendiri ke orang yang berinteraksi dengannya. Ketika robot menerima sebuah respon dari seseorang, ia dapat mengekspresikan berbagai macam reaksi – mulai dari ekspresi terkejut, senang, dan bingung. Wizkid belajar untuk mengenali orang yang berbeda dan untuk bereaksi dengan cara tertentu sesuai dengan suasana. “Wizkid membuat kita menjauh dari keyboard dan kembali ke dunia nyata,” Kaplan menjelaskan. “Tidak seperti sebuah komputer pribadi, ia tidak memaksa manusia untuk menyesuaikan diri, dan hal ini didasarkan pada sifat sosial dan multi-user”.

Wizkid terdiri dari pembungkus yang terbuat dari bahan elastan-polyamide, dengan rangka aluminium dan plastik polikarbonat. Ia dilengkapi dengan 2 microphone, WIFI, bluetooth, IR receiver/ emitter, sebuah RFID reader, sebuah muka dan sistim untuk mengenali obyek, robotik ditampilkan dengan kamera dan dapat diprogram di URBI. Sebagai tambahan, perkembangan pergerakan membuat Wizkid berkembang dengan sebuah cara open-ended. Cara “Halo” yang unik dengan bertatapan muka, memungkinkan orang untuk berinteraksi dengan Wizkid dan melihat dirinya sendiri di dalam kaca sejenis kaca pembesar. Sepanjang adanya pantulan dirinya sendiri, penggunan dapat melihat perbedaan element interface, yang bisa dipilih dengan lambaian tangan. Robot ini dapat mengekspresikan dirinya dengan mengangkat atau menurunkan “alisnya”, yang terdiri dari 2 strip horizontal. Wizkid dapat menyimak pembicaraan dan mencoba untuk menciptakan hubungan dengan pembicara, bermain dengan anak-anak, mengambil foto secara otomatis saat acara kumpul bersama, atau sebagai sekretaris di kantor.

Dirancang untuk memikat manusia, wizkid dapat melakukan berbagai macam tugas, seperti memutar CD yang kamu pegang, bermain game, memerhatikan interaksi antar manusia dan bahkan mempelajari kebiasaanmu dengan tujuan untuk menjaga pilihanmu. Robot ini juga dapat diatur untuk diperlakukan sebagai sebuah alat ataupun tidak sama sekali.

Sumber : thefuturofthings.com

· kirim komentar

Comments are closed.