Tags : VHDLrobotProgrammableFPGAAlteraPemrograman8051MikroprosesorMCS-51MikrokontrolerTeknologichipPLC
Home » Teknologi » Robot Pembersih Dapur

Robot Pembersih Dapur

Oleh , 8 Mei 2009.

 

Malas membersihkan dapur di rumah anda?? Kini ada robot yang siap membantu membersihkan dapur anda… 😀

 robot pembersih dapurTantangan readybot, sebuah klub non-profit dari para insinyur dan desainer senior yang bermarkas di Silicon Valley, California, telah menciptakan sebuah prototipe robot yang mampu membersihkan dapur. Robot ini dilengkapi dengan 2 lengan berukuran lengan manusia, readybot ini mampu mengangkat berbagai macam benda, membuang sampah ke tong sampah, bahkan memasukkan serta membereskan piring ke mesin pencuci piring. Menurut pengembangnya, robot lamban yang tangkas ini dapat mengerjakan sampai 40% segala kegiatan rumah tangga sehari-hari. Tidak ada keraguan lagi bahwa readybot merupakan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan, dan perusahaan memperkirakan bahwa robot ini akan tersedia bagi masyarakat selambat-lambatnya tahun 2010.

 Apa yang menjadi konsep awal dari terciptanya robot ini? ”Kami berpikir bahwa manusia  menginginkan sebuah robot yang dapat membersihkan dapur”, komentar dari Tom Benson – pimpinan tim.

 Readybot dibentuk dari kotak enamel yang dipasang roda-roda, antena yang berfungsi seperti kamera, dan 2 lengan berukuran lengan manusia. Meskipun cukup sederhana, robot ini dapat dengan cepat meninggikan dirinya sampai setinggi manusia ketika diaktifkan, sehingga robot ini dapat menjangkau lemari-lemari serta meja pada dapur. Sebagai tambahan, robot ini juga dilengkapi dengan beberapa alat, yang dapat digunakan untuk kegiatan bersih-bersih. Readybot bergerak sangat lamban, bertujuan agar tidak membahayakan anak kecil, binatang peliharaan, serta manusia yang berada di dekatnya.

 image0024Secara umum, readybot menggunakan software-software yang telah ada, yang dikombinasikan dengan pengendalian otonomus dan pengoperasian jarak jauh. Software didasarkan pada teknik praktikal intelijensi buatan, yang didapat dari penerapan sebelumnya. ”Kami mengkombinasikan beberapa shareware alogaritma untuk mengendalikan gerakan dan lokalisasi robot dalam ruangan, dan untuk mengenal dan menentukan aksi bagi objek yang terlihat di atas meja. Komponen-komponen ini dihubungkan custom written  robot dengan lengan dan sistim pengoperasian objek (RAO).”

 Sumber: thefutureofthings.com

· kirim komentar

Komentar

Tambahkan komentar anda di bawah, atau trackback dari situs anda. Berlangganan komentar ini melalui RSS.

Silahkan berdiskusi yang padat dan berisi. Tetap pada topik. Dilarang spam.