Tags : FPGAProgrammablerobotMCS-51AlteraPemrogramanTeknologiMikrokontrolerMikroprosesorVHDL8051chipPLC
Home » Teknologi » Robot Pemadam Kebakaran

Robot Pemadam Kebakaran

Oleh , 23 Mei 2009.

robot-pemadam-kebakaranOLE (singkatan dari “Off-road Loeshenheit”, yang berarti “peralatan pemadam kebakaran off-road” dalam bahasa jerman) merupakan sebuah produk industrial dari studio desain University of Magdeburg-Stendal. Robot dilengkapi dengan tangki air dan pemadam api – bertugas sebagai agen pemadam, OLE bergerak otomatis dan dipandu oleh GPS, kecerdasan indera perasa, inframerah dan sensor panas. Profesor perancangan Ulrich Wohlgemuth, bersama dengan para ahli biologi dan manager sistim robot Oliver Lange, para mahasiswa dan anggota dari firma Transluszent, digabungkan dalam 1 konsep, diinspirasi oleh  Armadillidium vulgare.

Pelindung luar OLE merupakan bahan anti api. Keenam kakinya memiliki kemiripan pelindung. “Dapat berjalan akan menjadi baik, tetapi secara umum hal ini tidak berguna bagi robot. Alam menciptakan cara berjalan karena ini tidak dapat ditemukan pada sistim transportasi pada darah. Pada kasus ini, jika kamu memiliki roda-roda, kamu akan selalu melakukan kontak dengan tanah. Konsep yang mendasari OLE adalah ia menggali dan berada di dekat panas. Kaki-kaki tidak selalu bersentuhan dengan panas,” kata Lange. Dan dari perspektif secara robotik, 6 kaki merupakan jumlah yang sempurna, menghasilkan stabilitas dan membuatnya menjadi mudah dalam melakukan penghitungan titik-titik pergerakan.

Perancangnya menyarankan 2 cara yang berbeda pada OLE dalam melakukan tugasnya. Ide pertama yaitu menempatkan robot pada titik potensial dekat kota dan daerah perkemahan, dimana mereka akan meninggalkan sisa-sisa pembakaran dari api unggun, menunggu sensor mereka untuk merasakan api dari radius setengah mil. Ide lainnya yaitu bagi bot untuk melakukan pengawasan di hutan, yang secara aktif akan mencari percikan api, meskipun kendala pada baterai dan rintangan di hutan akan membatasi daya jangkaunya.

Wohlgemuth mengatakan OLE dibuat dari keramik yang tahan api yang berasal dari compound fiber yang dapat memiliki ketahanan hingga suhu 1,850ºF. Satu OLE berharga $125,000 dan $200,000 dan memiliki berat antara 150 sampai 200 pon. Pada kasus ini, jika ada orang yang ingin mencuri satu dari mereka dari dalam hutan, sebuah rambu GPS pada board dapat digunakan untuk melacaknya.

Para ahli pemadam kebakaran hutan sangat menerima OLE, dengan adanya suatu kepercayaan bahwa hal ini akan menjadi pasukan yang lebih baik dibandingkan para pemadam kebakaran. Margaret Simonson, peneliti api pada SP Technical Research Insitute di Sweden, mengatakan bahwa robot akan sangat baik digunakan untuk mengarahkan udara – yang akan mengalahkan kru pemadam kebakaran. Dan Henrik Bygbjerg dari Danish Institute of Fire and Security Technology menyangsikan robot ini dapat menjauhkan segala sesuatunya yang berada di dekat api.

Tidak ada rencana untuk memproduksi OLE secara massal, tetapi perancangnya percaya bahwa hal ini akan menjadi lebih praktis dari kedengarannya. Kebakaran api di Eropa membakar  sekitar 1.25 juta m² setiap tahunnya. Dengan angka tersebut, sebuah usaha efektif dari robot dalam pengendalian terhadap api mulai terdengar menarik dengan kisaran harga yang mendekati  harga jual OLE.

Sumber: popsci.com

· kirim komentar

Comments are closed.