Tags : chipAlteraMikrokontroler8051robotVHDLMikroprosesorProgrammablePemrogramanTeknologiFPGAMCS-51PLC
Home » Teknologi, Video » Robot Koki

Robot Koki

Oleh , 27 Juli 2009.

Negara Jepang adalah negara yang paling maju dalam bidang teknologi dan tidak pernah berhenti berinovasi. Salah satunya yaitu teknologi robot, yang suatu saat nanti diharapkan dapat membantu mempermudah manusia melakukan aktivitas sehari-harinya. Dan baru-baru ini telah dikembangkan robot koki.

Robot Pembuat Sushi

6a00d8341c5d3253ef01156ff5a911970c-550wi

Jika anda tergila-gila makan sushi, kami tidak ragu bahwa robot ini akan sangat membantu.

Robot koki model M-4310 A ini dipamerkan di International Food Machinery and Technology Exhibition di Tokyo. Robot ini hanya dilengkapi dengan sebuah tangan seperti tangan manusia dan dapat memindahkan objek-objek kecil seperti sushi dan obat-obatan secara perlahan-lahan tanpa merusak dan menjatuhkan objek yang diangkutnya.

Dalam pameran tersebut, robot ini memamerkan keahliannya dalam memindahkan dummy sushi (tiruan sushi yang dibuat dari lilin), dan ini sangat memukau para pengunjung yang menyaksikannya.

Sumber: engadget.com

Robot Pembuat Ramen

ramen-comp

Pernahkah anda memakan semangkuk ramen? Pernahkah anda membayangkan jika ramen yang anda makan dibuat oleh sebuah robot? Dan bagaimanakah rasanya? Anda penasaran?? Jangan tunda lagi waktu anda untuk pergi ke Jepang dan mencicipinya… 😉

Mengkombinasikan 2 kekuatan terbesar Negara Jepang yaitu makanan dan teknologi, sebuah toko mie dengan ahli elektroniknya sendiri, menciptakan sebuah robot yang dapat membuat semangkuk ramen dengan sempurna.

Untuk menciptakan robot tersebut memerlukan biaya sekitar 20 juta yen dan waktu 5 tahun bagi Yoshihira Uchida, sang pemilik toko, yang berusia 60 tahun. Sekarang para tamu di tokonya “Momozono Robot Ramen” di Minami – sebuah kota yang terletak 90 mil dari Tokyo, dapat membuat sendiri ramen mereka sesuai dengan selera masing-masing, mengatur segalanya mulai dari banyak tidaknya kecap dan garam yang mereka perlukan, untuk memperkaya rasa kuahnya. Ada sekitar 40 juta rasa yang mungkin dapat tercipta karenanya..

Ramen yang dibuat oleh robot ini kemudian dikirimkan ke koki yang menambahkan mie nya dan toppingnya, melalui sebuah ban berjalan. Keseluruhan proses memerlukan waktu 2 menit, waktu yang lebih singkat dibandingkan untuk merebus air bagi mie instant.

Robot ramen ini dibuat oleh sang penciptanya Uchida: memiliki latar belakang pendidikan elektronik – di sepanjang karirnya, ia bekerja di pabrik makanan bagian mesin pengemas mie, hingga masa pensiunnya tahun kemarin – selain itu ia sangat tergila-gila dengan mie. 10 tahun lalu ia membuka sebuah toko mie, dan setelah ia merasa dirinya tidak dapat memuaskan semua tamunya, tercetuslah ide membuat robot ramen.

Badan robot terbuat dari sejenis metal yang dirakit dan para tamu membantunya melakukan uji coba cita rasa. Setelah banyak terjadi kegagalan, seperti komputer yang rusak karena tersiram kuah – robot ramen melakukan penampilan perdananya dan membuat tokonya menjadi terkenal. Sekarang ia berkeinginan mengirimkan robot-robotnya untuk menaklukkan dunia, terutama dalam membuat semangkuk ramen.

Sumber: popsci.com

· kirim komentar

Komentar

Tambahkan komentar anda di bawah, atau trackback dari situs anda. Berlangganan komentar ini melalui RSS.

Silahkan berdiskusi yang padat dan berisi. Tetap pada topik. Dilarang spam.