Tags : VHDLPemrogramanMikroprosesorrobotMCS-51AlteraPLCTeknologi8051chipMikrokontrolerFPGAProgrammable
Home » Teknologi, Video » Robot Beroda Tiga-Mencoba Memecahkan Rekor Dunia

Robot Beroda Tiga-Mencoba Memecahkan Rekor Dunia

Oleh , 13 Agustus 2009.

Evolta robot

Mobil balap melalui uji coba kemampuan selama 24 jam di sirkuit balap Le Mans, Perancis. Sekarang sebuah robot keluaran Panasonic yang diberi nama Mr.Evolta akan mencoba untuk memecahkan rekor bagi kendaraan beremot kontrol, dengan kecepatan 1.3 km/jam.

Robot beroda tiga ini harus bertahan sekitar 6 putaran dari 4 km sirkuit Le Mans selama waktu yang diperlukan. Robot ini akan dinavigasi dengan mengikuti sinar inframerah yang dipancarkan melalui kendaraan  pemancar sinar yang berjalan di depannya.

2 baterai evolta AA akan menjadi kekuatan robot. Baterai-baterai ini sebenarnya memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan sel alkaline, dengan ukuran yang sangat efisien yang memungkinkan volume baterai yang dapat digunakan bagi penggunaan yang aktif menjadi lebih besar.

Tetapi peserta kecil ini menghadapi banyak tantangan unik karena postur tubuhnya yang mungil. Tomotaka Takashi, sang pencipta robot, mengatakan bahkan serangga dapat menghadirkan sebuah masalah, karena menghalangi sinar inframerah yang dipancarkan. Selain itu, ada juga elemen-elemen alamiah yang juga harus dipertimbangkan.

“Ini hampir tidak mungkin untuk mengharapkan cuaca yang bersahabat selama 24 jam,” Takahashi memberitahu. “Ada kemungkinan turun hujan ataupun angin kencang.”

Aksi Mr. Evolta sebelumnya termasuk memanjat sebuah tali yang direntangkan lebih dari 1700 kaki di Grand Canyon. Dan jika berhasil dalam aksi kali ini, maka hal ini akan diklaim ke Guinness World Record dalam kategori jarak tempuh bagi sebuah kendaraan beremot kontrol.

Bagi kami, hal ini menyenangkan untuk melihat sebuah robot yang tidak sia-sia diciptakan, di saat dunia mengalami resesi, tak terkecuali bagi Pimpinan Baterai Panasonic.

Sumber: popsci.com

· kirim komentar
  • online

    membaca seluruh blog, cukup bagus

  • Claudia

    terima kasih bwt pujiannya^^

Komentar

Tambahkan komentar anda di bawah, atau trackback dari situs anda. Berlangganan komentar ini melalui RSS.

Silahkan berdiskusi yang padat dan berisi. Tetap pada topik. Dilarang spam.