Tags : TeknologiMikroprosesorProgrammablechipAlteraMikrokontrolerrobotVHDLPemrogramanMCS-518051PLCFPGA
Home » Teknologi » RIBA Robot Beruang Perawat

RIBA Robot Beruang Perawat

Oleh , 5 September 2009.

riba_1

RIBA – singkatan dari “Robot for Interactive Body Assistance” – yang dikembangkan oleh peneliti di Japan’s Institute of Physical and Chemical Research (RIKEN) dan Tokai Rubber Industries, Ltd. (TRI). Dirancang untuk membantu perawat untuk menggendong pasien ke dan dari tempat tidur mereka dan kursi roda (juga ke dan dari toilet), robot dengan bobot 180 kg ini dapat dengan aman mengangkut dan membawa orang dengan berat maksimal 61 kg.

Sambungan-sambungan pada lengan disatukan dengan susunan-susunan sensor tactile yang membantu mengoptimalkan pengangkatan dan membawa manusia. Untuk keamanannya, keseluruhan badan RIBA diselimuti dengan kulit lembut yang dibentuk dari foam urethane ringan yang dikembangkan dengan TRI. Kulit yang lembut ini dirancang untuk memastikan kenyamanan pasien saat mereka digendong RIBA. Sebagai tambahan, sambungan lengan dibuat lebih ramping– sedikit banyak seperti lengan pada manusia – lebih jauh lagi untuk menambahkan tingkat kenyamanan dan keamanan.

Robot beruang ini juga dapat mengenali wajah dan suara, serta merespon perintah yang disampaikan. Menggunakan data visual dan suara dari sekitarnya, RIBA dapat mengidentifikasi teman sekerjanya, menentukan posisi dari yang terdekat dan merespon secara fleksibel beradaptasi ke dalam lingkungan yang baru sesegera mungkin. Mesinnya beroperasi dengan tanpa ada suara bising, dan 1 set roda omni-directional memungkinkan robot untuk menavigasi ruang sempit yang ada di dalam rumah sakit dan fasilitas keperawatan.

riba_2

RIBA merupakan versi terbaru dari RI-MAN buatan RIKEN, sebuah asisten robot perawat yang dikembangkan tahun 2006 yang hanya mampu mengangkat boneka dengan berat 18.5 kg. Sebagai tambahan untuk memperkokoh kekuatan dan persepsi, RIBA dilengkapi dengan teknologi untuk mengolah informasi yang memungkinkannya untuk menganalisis data sekurang-kurangnya 15 kali lebih cepat dibandingkan RI-MAN. Ini memungkinkan RIBA untuk bergerak lebih cepat dan dengan kepercayaan diri lebih dari pendahulunya.

riba_3

Pencipta RIBA mengatakan mereka memilih penampilan beruang yang bersahabat untuk membuat pasien lebih tentram. Percobaan untuk membuat sebuah robot yang mirip manusia hanya akan menakuti orang-orang, mereka mengklaimnya dalam jumpa pers mereka.

RIKEN dan TRI berencana untuk menempatkan RIBA untuk bekerja di dalam rumah sakit dalam waktu 5 tahun lagi.

Sumber: pinktentacle.com

· kirim komentar

Komentar

Tambahkan komentar anda di bawah, atau trackback dari situs anda. Berlangganan komentar ini melalui RSS.

Silahkan berdiskusi yang padat dan berisi. Tetap pada topik. Dilarang spam.