Tags : MikrokontrolerAltera8051chipProgrammablePemrogramanMCS-51MikroprosesorrobotTeknologiVHDLPLCFPGA
Home » Teknologi » Rapat dalam Dunia Maya

Rapat dalam Dunia Maya

Oleh , 20 Mei 2009.

rapatRapat terkadang menjadi hal yang sulit dilakukan terutama jika para pesertanya berada di wilayah yang berbeda, saat ini IBM telah mengembangkan teknologi yang dapat membuatnya jauh lebih mudah untuk mengumumkan para pebisnis untuk berinteraksi dan bekerja sama tanpa membuang-buang waktu dan biaya dari para peserta rapat.

Apa yang membuatnya mungkin yaitu penggabungan antara jaringan web “dunia maya” dan ”penyatuan antara alat komunikasi dan kerja sama” teknologi yang menghubungkan banyak hal seperti voicemail, audible chat, dan pesan instan sehingga menciptakan dunia maya yang sangat interaktif dengan didukung grafis 3 dimensi, setiap orang akan diwakili oleh avatar mereka, hal ini mirip dengan konsep yang diterapkan jaringan game multi-player. Dunia maya menciptakan interaksi sosial dan visual yang dinamis antar manusia, dan saat ini ditingkatkan penggunaannya dalam pengaturan masalah bisnis.

Saat ini IBM telah mengijinkan klien terpilih untuk mencoba Sametime 3D, sebuah alat baru yang memungkinkan rekan bisnis tidak hanya saling bertukar pesan instant dan pembicaraan secara lisan, tetapi juga untuk memberikan presentasi dan ide secara pribadi, praktis, dan dapat menggunakan ruang-ruang rapat yang berada di dalam dunia maya. Ruang-ruang ini memungkinkan para peserta rapat untuk secara tertulis menuangkan idenya ke dinding selama rapat untuk ”see what sticks”, melakukan pemungutan suara, menyusun, dan menyimpan proposal yang paling menjanjikan. Avatar dapat membuat presentasi ke peserta lain, bersosialisasi, debat, menulis, atau menguji ide dengan objek 3D dari segala sudut pandang.

Software keluaran IBM terbaru memungkinkan perusahaan yang berada di lokasi berbeda untuk bertemu secara rutin, atau periodik di dalam dunia maya ini. Dengan software tersebut, IBM menyediakan ruang-ruang rapat yang dapat digunakan, termasuk ruang teater, amphiteater, atau ruang pentas yang dapat digunakan untuk sesi brainstorming, ruang serbaguna, ruang rapat, ruang konser, ruang kelas, dsb.

”Proyek ini merupakan bagian dari kerja terus-menerus IBM untuk menciptakan suasana alami dari rapat secara online,” kata Colin Parris, Wakil Presiden IBM bagian penciptaan solusi industri dan bisnis. Melalui kecanggihan web conferencing ataupun Sametime 3D, IBM sedang menawarkan cara-cara baru untuk menyatukan dan bekerja sama serta membuat rapat semakin efektif dan produktif”.

Software baru mengatasi beberapa tantangan yang ada bagi keinginan bisnis untuk menyelenggarakan rapat dalam dunia maya: pertama, bisnis dapat menggabungkan sebuah cara yang mereka sesuaikan, menggunakan software yang telah mereka miliki, seperti presentasi elktronik, keamanan usaha dan alat pengiriman pesan instan. Kedua, IBM telah membuat berbagai macam ruang-ruang yang bisa digunakan kembali yang dirancang bagi rapat yang produktif, membuatnya tidak perlu untuk sungguh-sungguh menjadikannya sebagai ruang rapat setiap kali mereka ingin bertemu. Ketiga, ruang-ruang ini sangat aman, mengatasi masalah privasi yang ada di dalam ruang-ruang publik dalam dunia maya. Dan terakhir, rekan yang tidak hadir, masih dapat melihat dokumen-dokumen, presentasi dan hasil rapat tiap sesi, atau bahkan memfoto rapat sebelumnya.

Di masa depan, software ini akan menyediakan berbagai macam cara bagi peserta untuk mengedarkan laporannya dari satu ke yang lainnya mengenai dokumen perkembangan dalam rapat. IBM juga membuatnya lebih mudah bagi rapat virtual, dengan software komputer tradisional yang telah diinstal dalam komputer dan server mereka.

Klien dan partner terpilih IBM sekarang sedang diajak kerja sama dengan Lotus Service Organization IBM untuk menguji software ini. Yang akan tersedia pada pertengahan tahun 2009, menggunakan IBM Lotus Samtime versi8.0, dan sebuah plug-in yang dirancang oleh bagian penelitian IBM untuk dunia maya. Saat software dikembangkan secara keseluruhan, klien akan bisa menggunakannya untuk menghubungkan ke sejumlah dunia maya, seperti OpenSim atau Second Life. Demonstrasi mengenai kemampuan software ini dapat dilihat pada http://www.youtube.com/watch?v=SfqGwKFStuw

IBM berada di barisan depan dalam penejelajahan dunia maya. Ratusan peneliti, konsultan, dan pengembang IBM sedang mengembangkan dan menyediakan berbagai cara untuk belajar, bekerja sama, dan melakukan bisnis dalam dunia maya. IBM membantu para kliennya untuk mengembangkan strategi dunia maya mereka sendiri, dan menyediakan mereka penyelesaian dan pelayanan yang memungkinkan kerja sama yang lebih baik. Sebagai tambahan, IBM  memimpin sebuah pemikiran untuk meningkatkan kecocokan antara dunia maya yang berbeda. Di dalam perusahaan, IBM menggunakan dunia maya untuk memimpin penelitian, menyelenggarakan acara dan sarana penyesuaian diri bagi karyawan-karyawan baru.

Sumber: www.ibm.com

· kirim komentar

Comments are closed.