Tags : AlteraFPGAProgrammablePLCVHDLchip8051MikroprosesorPemrogramanMikrokontrolerrobotTeknologiMCS-51
Home » Teknologi » Rangkaian Sensitif yang Mengubah Kain menjadi Kamera

Rangkaian Sensitif yang Mengubah Kain menjadi Kamera

Oleh , 27 Juni 2009.

Ada suatu waktu dimana sebuah kamera adalah benda itu sendiri. Kamera telepon, webcam, dan sepertinya sebentar lagi celanapun dapat menjadi sebuah kamera juga. Para peneliti di Massachusetts Institute of Technology telah menciptakan sebuah terobosan dengan bundelan kawat serat optik kamera yang sangat sensitif di dalamnya. Kawat-kawat ini menyiarkan cahaya kembali ke komputer, yang secara efektif merubah tiap benang menjadi sebuah kamera.

Tiap-tiap rangkaian berisi 8 serat sensor optik, yang disusun dalan 2 lapisan. Pada lapisan terdalam memungkinkan komputer untuk mengkalkulasi warna cahaya, sementara itu di lapisan terluar merekam data penempatan cahaya. Secara bersama-sama, informasi ini dicatat oleh 2 lapisan yang menghasilkan warna gambar.

fiber_x220

Sejauh ini, para peneliti belum menghasilkan aplikasi spesifik dari material baru ini, meskipun mereka memperkirakan bahwa ini dapat digunakan untuk menciptakan segala sesuatunya mulai dari seragam tempur yang dapat merekam saat seorang prajurit mengalami cedera, teleskop fleksibel, hingga kain untuk merasakan adanya bahan kimia.

Sumber: www.pospci.com

· kirim komentar

Komentar

Tambahkan komentar anda di bawah, atau trackback dari situs anda. Berlangganan komentar ini melalui RSS.

Silahkan berdiskusi yang padat dan berisi. Tetap pada topik. Dilarang spam.