Tags : FPGAMikroprosesorrobotTeknologiAlteraPLCVHDLMCS-51ProgrammableMikrokontroler8051Pemrogramanchip
Home » Jurnal » Mesin Penjual Otomatis Berbasis FPGA Altera Epf10k10 Menggunakan VHDL

Mesin Penjual Otomatis Berbasis FPGA Altera Epf10k10 Menggunakan VHDL

Oleh , 15 Juni 2009.

vending-mach2Pernahkah anda membayangkan bagaimana cara kerja sebuah vending machineVending machine dapat menggantikan manusia untuk menjual sesuatu seperti minuman, makanan, rokok bahkan tiket kereta. Keberadaan vending machine atau mesin penjual otomatis di Indonesia memang masih jarang, dikarenakan memang kondisi masyarakat belum kondusif dan teknologi yang masih belum siap. Lalu, bagaimana vending machine dapat mengetahui koin uang yang kita masukan dan memberikan botol minuman yang kita inginkan, serta mengembalikan uang kembalian ? Let’s check it out!

Saat ini sistem kontrol pada vending machine cenderung statis dan amat sulit dirubah, baik itu masukannominal uangnya maupun jumlah dan harga produknya.Karenanya, diciptakan sebuah sistem kontrolmemungkinkan adanya kemudahan konfigurasi ulang olehpengguna agar dapat diaplikasikan sesuai kebutuhanUntuk itu, maka dirancang sebuah sistem kontrolmesin penjual otomatis berbasis FPGA ALTERAEPF10K10 menggunakan VHDL.

FPGA adalah rangkaiandigital terintegrasi yang terdiri dari blok logika yang dapatdikonfigurasi dan dapat diprogram, serta blok interkoneksiyang dapat dikonfigurasi diantara blok-blok ini. Papanpengembangan FPGA yang digunakan dalam perancanganadalah Wizard FLEX-A01 Experiment Board, yangmerupakan papan pengembangan FPGA ini berbasis RAMtipe EPF10K10LC84 dari ALTERA dengan kapasitas10.000 gerbang (gates) logika dan 576 logic element serta6.144 bit RAM dengan Konektor JTAG untuk koneksiByteblaster. Perancangan ini dilakukan denganmenggunakan kode VHDL atau VHSIC HardwareDescription Language. VHSIC sendiri adalah singkatandari Very High Speed Integrated Circuits. VHDL adalahsebuah hardware description language yangmendeskripsikan sifat atau watak rangkaian atau sistemdigital.

Blok Diagram Perancangan Mesin Penjual Otomatisgb11

Sistem ini terbagi dalam beberapa modul, yaitu : modul koin masuk, modul pemilih produk, modul inti, modul mekanisme pergeluaran produk, modul mekanisme pengeluaran koin, modul kontrol pintu, modul temporal tray, modul penampil 7-segment, dan modul debouncing untuk mengurangi efek bouncing.

gb2

Mesin penjual otomatis ini memiliki dua level tray penerima uang, yaitu tray temporal storage atau tempat penyimpan uang sementara dan tray real storage atau tempat penyimpanan uang non-temporal. Masukan uang pada awalnya akan masuk ke tempat penyimpanan sementara, sampai ditekan tombok OK sebagai tombol verifikasi, tempat penyimpanan sementara ini akan terbuka dan uang akan masuk ke tempat penyimpanan nontemporal. Mekanisme ini ada agar apabila pembeli berubah pikiran dan membatalkan transaksi dengan tombol batal, uang yang keluar adalah uang yang tadi dimasukkan. Hal ini untuk menghindari penyalahgunaan mesin penjual otomatis sebagai mesin penukar uang.

gb3

Papan perancangan ini memiliki 4 buah input switch yaitu SW0, SW1, SW2 dan SW3 seperti pada Gambar di bawah ini. Keempat switch dihubungkan dengan 4 buah dedicated input pada FPGA chip dan menggunakan pull up resistor 10 K Ohm. SW 0, SW 1 dan SW 2 digunakan untuk memberi masukan sinyal yang mewakili nominal koin untuk mesin penjual otomatis. SW 0 mewakili masukan nominal Rp.200, SW 1 mewakili nominal masukan Rp. 500 dan SW 2 mewakili nominal Rp. 1000.

gb4

Laluuu…apa kelebihan mesin penjual otomatis ini? sistem kontrolnya memudahkan jika pengguna ingin mengubah variabel yang diinginkan, seperti produk dengan harga berbeda dan jumlah produk maksimum yang berbeda serta jumlah nominal mata uang yang berbeda. Jadi jika ada data yang ingin diubah, yang dirubah hanya modul-modul yang terkait saja tidak perlu sampai merubah seluruh sistem.

gb5

Disadur dari Tugas Akhir Wini Rizkiningayu
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Fisika Program Studi Elektronika dan Instrumentasi

Jurnal ndoWare adalah artikel-artikel yang disadur dari Makalah, Skripsi, Tugas Akhir, Thesis, Disertasi, Karya Ilmiah dalam bidang Teknologi, Elektronika dan Komputer

Publikasikan Jurnal anda di ndoWare.com

· kirim komentar

Komentar

Tambahkan komentar anda di bawah, atau trackback dari situs anda. Berlangganan komentar ini melalui RSS.

Silahkan berdiskusi yang padat dan berisi. Tetap pada topik. Dilarang spam.