Tags : ProgrammableMikrokontrolerrobotVHDLMCS-518051AlteraTeknologiFPGAchipPemrogramanMikroprosesorPLC
Home » Mikrokontroler » Perintah Pertukaran dan SWAP

Perintah Pertukaran dan SWAP

Oleh , 3 Agustus 2009.

SWAP A

Perintah SWAP A menukarkan nibbles dari akumulator. Tidak ada flag yang terpengaruh. Operasi perintah SWAP A ditunjukkan oleh gambar:

SWAP A

Jika akumulatornya mengandung OFH, maka setelah perintah SWAP A, akumularot akan mengandung FOH. Tidak ada flag yang dipengaruhi.

XCH A,<,byte>

Perintah ini menukarkan konten dari akumulator dengan variable bit. Mari kita lihat perintah tersebut:

XCH A

Setelah pengeksekusian perintah-perintah ini, akumulator akan mengandung 02H dan lokasin 50H akan mengandung 04H. Perlu dicatat bahwa konten dari lokasi RAM on-chip yang ditunjukkan oleh R2 diktukarkan dengan akumulator dalam program ini.

Byte yang dialamatkan dalam perintah XCH dapat ditentukan menggunakan pengalamatan langsung, pengalamatan register atau mode pengalamatan tidak langsung. Sebagai contoh, kita dapat saja menulis XCH A, R1 untuk menukarkan konten R1 dengan A. Secara serupa, XCH, A, 50H akan menukarkan konten dari lokasi 50H yang dialamatkan secara langsung dalam RAM on-chip dengan akumulator.

XCHD A, @Ri (Digit-digit Pertukaran)

Perintah ini menukar nibble rendah dari akumulator, contohnya: bit-bit 3-0 dengan yang berasal dari lokasi RAM internal yang ditunjuk oleh Ri. Operasi ini ditunjukkan oleh gambar berikut:

XCHDA,@Ri

Perhatikan contoh di bawah ini untuk perintah XCHD:

XCHDA,@Ri-2

Program ini me-load akumulator dengan 56H dan mengawali penunjuk R1 dengan 50H. Di 50H data segera 45H di-load. Setelah perintah XCHD A, R1, akumulator akan mengandung 55H dan lokasi 50H dalam RAM on-chip akan mengandung 46H. Tidak ada flag yang terpengaruh.

· kirim komentar

Komentar

Tambahkan komentar anda di bawah, atau trackback dari situs anda. Berlangganan komentar ini melalui RSS.

Silahkan berdiskusi yang padat dan berisi. Tetap pada topik. Dilarang spam.