Tags : TeknologiProgrammableAlteraMCS-51robotMikroprosesor8051VHDLchipFPGAPemrogramanPLCMikrokontroler
Home » Teknologi » Langkah Menjadi Juara.. Go.. Go.. Go!!

Langkah Menjadi Juara.. Go.. Go.. Go!!

Oleh , 20 Mei 2009.

Pada tanggal 12-13 Mei 2009 yang lalu diadakan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) dan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2009 REGIONAL III yang bertempat di Grha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Kontes robot ini merupakan kontes yang telah kesekian kalinya diadakan. Tentunya karena sudah dilaksanakan beberapa kali, kontes robot ini telah mengalami penyempurnaan. Kali ini persaingannya lebih ketat dikarenakan aturan main dalam kontes robot pun dibuat lebih tinggi levelnya.

kontes_robot

Sebenarnya Kontes robot itu seperti apa sih? Apakah kontes untuk membuat robot? Kontes untuk mengadu robot atau bagaimana? Jadi, hal yang sebenarnya adalah tiap-tiap tim membuat sebuah robot yang pada hari H pertandingan, akan ditandingkan dengan robot lain dari segi ketangkasan dan kecerdasannya. Seperti dalam KRCI (Kontes Robot Cerdas Indonesia), robot akan saling adu kecepatan dan strategi dalam memadamkan api serta menyelamatkan boneka. Lebih singkatnya, tema KRCI kali ini adalah kontes robot pemadam api. KRCI kali ini sendiri terdiri dari beberapa divisi yaitu: divisi beroda yang diikuti oleh 16 tim, divisi berkaki oleh 6 tim, divisi expert single oleh 6 tim dan divisi expert battle oleh 10 tim. Sementara untuk KRI (Kontes Robot Indonesia) diikuti oleh 13 tim dari berbagai perguruan tinggi. KRI ini sendiri juga telah mengalami perubahan dari kontes tahun lalu. Kontes Robot Indonesia (KRI) merupakan kontes robot kategori non-cerdas yang melibatkan peran manusia dalam pengendaliannya. Pada kali ini, robot diberi beberapa rintangan dalam melewati lintasan. Robot akan dikendalikan untuk bekerja sama dengan robot partnernya dalam membawa robot kecil di tengah-tengah dan menjaganya agar tetap seimbang hingga akhir lintasan dan diakhiri dengan memukul 3 gong yang sudah disiapkan. Alur dalam KRI ini adalah: boarding, checkpoint 1, checkpoint 2, checkpoint 3, alighting, drum 1, drum 2, drum 3.

kontes_robot1     kontes_robot2

Acara kontes robot ini dimulai pada pukul 9 pagi, dan Universitas Gadjah Mada (UGM) selaku tuan rumah memberikan hiburan yang menarik sebagai acara pembuka yaitu tari tradisional. Tiap penari yang merupakan mahasiswa dari UGM menampilkan gerakan-gerakan lincah. Ada dua tari tradisional yang ditampilkan, salah satunya tari Saman khas Aceh. Lagi-lagi penonton dibuat semakin riuh karena penampilan para penari mengesankan. Selain kontes robot, juga diadakan pameran yang bernama ROBOFEST. Pameran ini terdiri dari beberapa stand perguruan tinggi bahkan sekolah menengah. Menariknya ada beberapa game yang dapat dimainkan di pameran ini. Mirip seperti game-game yang ada di game station. Hal menarik lainnya adalah para suporter. Dalam kontes robot kemarin, ruangan Grha Sabha Pramana dipenuhi oleh pendukung tim robot dari berbagai perguruan tinggi dari Yogyakarta maupun daerah lainnya seperti Politeknik Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, dan lain-lain. Tiap supprter punya nyanyian dan dresscode khusus untuk mendukung tim robotnya. Bahkan ada suporter yang membawa drum agar mereka lebih solid dan mulai menyanyikan salah satu lagu plesetan dari lagu-lagu terkenal yang sudah ada.

saman

suporte

Kehebohan di Grha Sabha Pramana semakin memuncak ketika memasuki babak final. Masing-masing tim berusaha semaksimal mungkin untuk merebut posisi pertama di ajang KRI dan KRCI 2009 REGIONAL III agar dapat maju untuk mengikuti KRI dan KRCI tingkat Nasional yang akan diadakan tanggal 13-14 Juni 2009 di tempat yang sama. Berikut ini adalah hasil akhir dari kontes KRCI dan KRI 2009 REGIONAL III :

daftar_pemenang

Selain itu ada beberapa penghargaan khusus yang diberikan kepada para peserta dengan kategori sebagai berikut:

1.      Robot Teknologi Informasi Terbaik : Djogja x-01 (Universitas Gadjah Mada)

2.      Robot Inovasi Terbaik : ZIG 3X (Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta)

3.      Robot Design Terbaik : KOPLAK (Universitas Gadjah Mada)

4.      Robot Algoritma Terbaik : SAIZA-ne (Universitas Gadjah Mada)

trima_piala

Selamat bagi tim yang telah menjadi juara, dan tetap semangat menuju perjuangan di tingkat Nasional ^^.

By Adelicious

· kirim komentar

Comments are closed.