Tags : AlteraFPGAMikrokontrolerProgrammableMCS-51MikroprosesorrobotVHDLTeknologiPLCchipPemrograman8051
Home » Jurnal » Kunci Pintu Digital dengan Sistem Keamanan Berbasis SMS

Kunci Pintu Digital dengan Sistem Keamanan Berbasis SMS

Oleh , 5 September 2009.

gembok Kunci Pintu Digital dengan Sistem Keamanan Berbasis SMSKunci memegang peranan penting di dalam sebuah sistem keamanan. Sistem kunci pintu baik rumah maupun perkantoran yang ada sekarang ini sebagian besar masih menggunakan kunci mekanik konvensional. Perkembangan teknologi digital memberikan solusi dalam sebuah sistem kunci sebagai pengaman yang lebih baik.  Salah satu sistem keamanan elektronis yang dirancang untuk memberikan solusi keamanan saat rumah ditinggalkan oleh pemiliknya, yaitu “Kunci Pintu Digital dengan Sistem Keamanan Berbasis SMS”.

Sistem ini menggunakan password sebagai keyword untuk membuka kunci. Kelebihan dari sistem ini adalah pemilik dapat mengunci ataupun membuka pintu dari jarak jauh hanya dengan mengirimkan sms, sehingga pemilik akan lebih mudah karena tidak perlu datang untuk mengunci.

Perancangan Hardware

Perancangan sistem kunci digital dengan keamanan berbasis SMS ini diusahakan menggunakan piranti seminimal mungkin agar spesifikasi dari ukuran sistem dapat diterapkan pada objek sesungguhnya. Sistem yang dirakit terdiri atas sebuah ponsel, motor penggerak, LCD, keypad, sensor-sensor dan sistem kendali. Berikut blok diagram sistem ini :

 Kunci Pintu Digital dengan Sistem Keamanan Berbasis SMS

Sistem kunci pintu digital ini menggunakan motor sebagai penggerak utama gembok sehingga pintu dapat dikunci atau dibuka. Motor ini akan dihubungkan dengan driver yang dapat dikendalikan oleh mikrokontroler. Mikrokontroler sebagai otak/pengendali utama yang mendapat masukan dari keypad maupun HP sistem untuk mengendalikan motor penggerak gembok pintu. Display akan menampilkan angka-angka masukan. Sistem kendali menggunakan mikrokontroller ATMega8535 yang masih merupakan keluarga mikrokontroller AVR. Mikrokontroler ini adalah 8-bit CMOS yang memiliki 512 byte Flash Rom yang dapat langsung diprogram dan juga dihapus dan 512 byte EEPROM sebagai penyimpan password serta instruksi yang kompatibel dengan keluarga AVR.

Komunikasi antara mikrokontroller dengan handphone sistem menggunakan kabel data dengan standard RS-232. Untuk mengubah level tegangan TTL mikrokontroler menjadi level tegangan RS-232 handphone menggunakan IC MAX-232. Password yang dimasukan akan diproses dan dicocokan oleh mikrokontroler. Apabila password yang dimasukan cocok maka kunci akan terbuka.

LCD berfungsi untuk menampilkan informasi apa yang sedang dikerjakan oleh sistem kendali. Selain itu LCD juga berfungsi untuk penampil saat memasukkan password, penggantian password atau informasi status sistem.

Pada sistem ini juga terdapat 3 buah sensor untuk keamanan yaitu berupa sensor ultrasonik untuk pendeteksi adanya penyusup, smoke detector untuk pendeteksi adanya kebakaran dan sensor TGS2610 untuk pendeteksi adanya kebocoran gas LPG. Tanda bahaya dari tiap jenis sensor akan mengirimkan SMS yang unik ke handphone user.

Berikut gambar sistem yang terdiri dari komponen minimal yakni, mikrokontroler, handphone, LCD, keypad, dan motor.

 Kunci Pintu Digital dengan Sistem Keamanan Berbasis SMS

Author : Lingga Wardhana

Referensi :

  • Eko, Agfianto., 2002, Belajar Mikrokontroler AT89C51/52/55 Teori dan Aplikasi, Gava Media, Yogyakarta.
  • Khang, Bustam, 2002, “Trik Pemrograman Apilkasi Berbasis SMS”, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Jurnal ndoWare adalah artikel-artikel yang disadur dari Makalah, Skripsi, Tugas Akhir, Thesis, Disertasi, Karya Ilmiah dalam bidang Teknologi, Elektronika dan Komputer

Publikasikan Jurnal anda di ndoWare.com

· kirim komentar
  • febrina

    Pak,,, saya tertarik dgn judul ini. tapi saya blm paham.
    saya mau buat TA. Tolong lh beri penjelasan (bahan/komponen, rangkaian, tata cara, dll)biar saya bisa ngajukan sama doping saya. Tolong bantuan ny, pak. kirim ke email saya fbry_050290@yahoo.com

  • tasrif

    salam kenal pak….:-) saya juga sedang membuat alat aplikasi sms berbasis mikrokontroller at 89s51..,yang saya tanyakan adalah interface antara sms hp dgn mikrokontroller nya gmn yach….?mohon bantuanya ya pak.. terima kasih sebelumnya
    atau kirim saja ke email saya di tasrif.alexander@gmail.com

  • renharz

    pak mw minta bantuannya donk, mw minta tolong emailin cara2 buatnya… mw coba dipraktekkan

  • renharz

    email saya ke weird.gay10@gmail.com

  • cino

    mas…bagus banget project-nya..saya lagi butuh referensi ni mas. mau buat TA tentang pengamanan..kalau boleh, diemailkan ke saya mas cara-cara dan proses pembuatanya..terimakasih..

  • IMAN

    SAYA INGIN TAU APAKAH SISTEM INI SUDAH PERNAH DIUJI COBA ATAU DIAPLIKASIKAN PADA OBJEK YANG SESUNGGUHNYA? TKS. DITUNGGU BALSNYA.

  • aris alfian

    wah @ saya tertarik banget tolong ksih tw penjelasannya biar saya jg bisa buat… krim ke E-mail saya ya trmksh sblmnya.

  • Adhie

    Menarik sekali,saya tertarik membuat aplikasi berbasis sms sebagai TA , , Saya juga minta dong pak (cara2, program dsb). Tolong dkrim k email saya. AA.Adhie.21@Gmail.com .Trimakasih sebelumnya

  • dapdap

    sangat menarik pak.
    boleh minta penjelasan lebih lanjut ga pak. email ke rikz_aiueo@yahoo.com terima kasih sebelumnya

  • adit

    gan.. ne program. pake bahasa pa?? tolong hub. saya di adit29@gmail.com

  • anggi

    gan minta tolong dong, kirimin skema rangkaiannya , terimakasih

  • anggi

    ni email saya pingkyboy@gmail.com

  • made

    salam knal pak, saya tertarik dengan ide bapak, boleh saya minta pnjelsan selanjutnya pak, yang lebih lengkap mengenai “Kunci Pintu Digital”. buat tugas ahir pak.
    email: icpromade@gmail.com

  • ris

    malam pak.. saya tertarik dgn judul ini. tapi saya blm paham.
    . Maaf sebelumnya namun Tolong beri penjelasan (bahan/komponen, rangkaian, tata cara, dll). Tolong bantuan ny, pak. kirim ke email saya parismadebakti@yahoo.com

  • habib

    boleh minta bahan2x pak ?? saya mau coba bikin alat nya pak.. trima kasih sblmx pak :)
    email saya: habibulfuadiazni@yahoo.co.id

Komentar

Tambahkan komentar anda di bawah, atau trackback dari situs anda. Berlangganan komentar ini melalui RSS.

Silahkan berdiskusi yang padat dan berisi. Tetap pada topik. Dilarang spam.