Tags : PLCMCS-51MikroprosesorPemrogramanMikrokontrolerrobotProgrammable8051FPGAchipAlteraVHDLTeknologi
Home » Mikrokontroler » Koneksi Mikrokontroler 8051

Koneksi Mikrokontroler 8051

Oleh , 10 Juni 2009.

Sebelum mendiskusikan pemrograman mikrokontroler mari kita lihat diagram koneksi 8051 dan lingkungan perangkat keras minimum mikrokontroler tersebut.

Hal ini ditunjukkan pada gambar di bawah. Koneksi osilator, sirkuit reset, koneksi power supply pada dasarnya dibutuhkan untuk mendesain board model 8051.

diagram koneksi 8051

diagram koneksi 8051

Sirkuit osilator

8051 memiliki osilator on-chip. Hanya komponen penentu frekuensi (Kristal) yang akan dihubungkan secara eksternal. Piringan kapasitor 30 pF direkomendasikan ketika menggunakan Kristal quartz. 8051 dapat bekerja hingga frekuensi 12 MHz. Untuk desain berbiaya rendah kita dapat menggunakan resonator keramik 3-pin.

Untuk resonator keramik, biasanya menggunakan nilai kapasitor sebesar 47 pf. Rekomendasi dari produsen resonator keramik harus dipertimbangkan untuk nilai kapasitor-kapasitor ini.

Biasanya banyak yang lebih menyukai Kristal quartz, karena resonator tidak tersedia untuk frekuensi yang lebih tinggi dari 12 MHz. Pegurangan biaya berkaitan dengan penggunaan resonator mungkin tidak begitu signifikan dibandingkan dengan biaya keseluruhan untuk pembuatan board mikrokontroler.

Selain itu, resonator tidak sestabil Kristal quartz. MCS 52 juga mendukung klok eksternal, hal ini ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

ndoware_cmos

ndoware_hmos

Ketika klok eksternal yang digunakan, pin XTAL2 dibiarkan mengambang sehubungan dengan komponen CHMOS MCS-51. Ada satu perbedaan penting antara komponen HMOS dan CHMOS dari MCS-51 ketika memperhitungkan sumber klok eksternal. Untuk komponen CHMOS (80C51), sirkuit klok internal dikendalikan oleh sinyal XTAL1.
Sedangkan dengan versi-versi HMOS, sumber klok eksternal harus dihubungkan dengan XTAL2 dan XTAL1, lalu dihubungkan dengan ground.

· kirim komentar

Komentar

Tambahkan komentar anda di bawah, atau trackback dari situs anda. Berlangganan komentar ini melalui RSS.

Silahkan berdiskusi yang padat dan berisi. Tetap pada topik. Dilarang spam.