Tags : PLCchipFPGAAlteraMikroprosesor8051MCS-51VHDLPemrogramanProgrammableTeknologirobotMikrokontroler
Home » Teknologi » Perangkat Kendali Robotik yang Langsung Terhubung ke Otak

Perangkat Kendali Robotik yang Langsung Terhubung ke Otak

Oleh , 10 November 2012.

Robot OtakTokyo – Membuka bagasi mobil atau mengatur AC dapat dilakukan dengan melakukan permintaan dari jarak jauh, dengan menggunakan teknologi baru dari Honda dengan menyambungkan pemikiran yang ada di dalam otak dengan perangkat robotik.

Honda Motor Co. telah mengembangkan cara untuk membaca pola arus listrik di kepala orang serta perubahan aliran darah di otak ketika orang berpikir tentang empat gerakan sederhana – pindah kanan, pindah tangan kiri, berjalan dan makan.

Honda berhasil menganalisa pola pikir tersebut, kemudian mereka menyampaikannya sebagai perintah nirkabel bagi Asimo – robot berbentuk manusia.

Namun menurutnya, teknologi ini belum siap untuk diaplikasikan dalam kehidupan nyata karena adanya kemungkinan gangguan pada orang yang berpikir. Permasalahan lainnya adalah pola otak yang berbeda antar masing-masing individu, yang memerlukan pembelajaran lebih lanjut selama 2-3 jam agar teknologi tersebut dapat bekerja.

Perusahaan Honda yang merupakan pemimpin dalam perangkat robotik, mengakui bahwa teknologi ini masih berada dalam tahap penelitian, yang tidak dapat segera diaplikasikan untuk dapat berfungsi.

Penelitian pada otak sedang dilakukan di seluruh dunia, tetapi Honda menyatakan bahwa penelitian mereka merupakan penelitian yang lebih maju dalam membaca pola-pola pada otak tanpa harus melukai manusia itu sendiri.

Yasuhisa Arai – seorang eksekutif dari Honda Research Institute Japan Co. mengatakan bahwa ”Produk kami merupakan produk yang akan digunakan oleh manusia.Karenanya, sangat penting bagi kami untuk lebih memahami perilaku manusia. Dan kami rasa ini adalah yang paling penting dalam membuat mesin bergerak.”

Copyright 2009 The Associated Press. All rights reserved. This material may not be published, broadcast, rewritten or redistributed.

Sumber: www.msnbc.com

· kirim komentar

Komentar

Tambahkan komentar anda di bawah, atau trackback dari situs anda. Berlangganan komentar ini melalui RSS.

Silahkan berdiskusi yang padat dan berisi. Tetap pada topik. Dilarang spam.