Tags : 8051PemrogramanAlterachipMCS-51PLCFPGAProgrammableVHDLMikroprosesorMikrokontrolerrobotTeknologi
Home » Teknologi » HEXBUG Robot Mikro Berbentuk Semut

HEXBUG Robot Mikro Berbentuk Semut

Oleh , 28 Mei 2009.

 

hexbugHEXBUG sebuah robot yang menyerupai semut yang memiliki enam kaki. Enam kaki semut tersebut sebenarnya merupakan sebuah alat seperti roda-roda yang membantu memberinya kecepatan melewati lantai ataupun karpet. Disain unik kakinya membuat hewan kecil ini 10 kali lebih cepat dibandingkan makhluk berkaki enam lainnya. Robot ini diprogram untuk menggunakan sensor sentuhan di bagian depan dan belakang untuk mendeteksi dan mengadakan gerakan dengan cepat saat terdapat rintangan.

Sejarah dari robotic atau mainan mekanik dapat ditelusuri melalui Leonardo da Vinci, dengan disain robot pertamanya yang berbentuk manusia pada tahun 1495. Mainan robot telah mengalami perkembangan dan sedikit perbaikan sejak munculnya model da Vinci hingga mainan robot pertama kali diproduksi tahun 1939 ketika Westinghouse menciptakan Elektro, manusia yang menyerupai robot, dan Sparky, robot anjingnya. Versi yang lebih kecil, Omnibot 2000, merupakan robot mainan yang dikembangkan selama pertengahan 1980-an. Mainan yang lebih familiar, Furby, diproduksi secara massal, dan menjadi sangat populer di sekitar tahun 1998 – ini adalah robot pertama yang berbentuk hewan peliharaan yang menggunakan sensor sebagai alat untuk berinteraksi dengan lingkungan.

HEXBUG yang merupakan kelanjutan dari robot berbentuk ”hewan peliharaan”, pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 2007 dan meraih penghargaan iParenting Award sebagai produk terbaik tahun 2009. Belakangan ini, mainan robot telah menemukan tempat di dalam masyarakat kita, apakah mereka lembut dan berbulu halus, ataupun, seperti HEXBUG , yang merupakan robotik secara keseluruhan dengan rangka plastik.

Semut HEXBUG tersedia dalam 5 warna (merah, biru, hijau, pink, dan orange) dengan harga $9.99. Harga hewan robotik lainnya yaitu $9.99 bagi HEXBUG original, $14.99 untuk bentuk kepiting, dan $19,99 untuk bentuk cacing. Makhluk kecil ini dapat merespon adanya sentuhan, suara, ataupun sinar, hanya bentuk cacing yang dilengkapi dengan remot control inframerah untuk pengendalian yang responsif. Semua robot HEXBUG tersedia secara eksklusif di Radio Shack.

Sumber: thefutureofthings.com

· kirim komentar

Comments are closed.