Tags : MikroprosesorVHDLchiprobotProgrammablePemrogramanFPGA8051MCS-51AlteraMikrokontrolerTeknologiPLC
Home » Teknologi » Fukitorimushi – Robot Pembersih Lantai

Fukitorimushi – Robot Pembersih Lantai

robot-pembersih-lantaiJepang merupakan satu dari sedikit negara dimana kita dapat menemukan produk-produk yang aneh. Sekarang, ada sebuah produk pembersih lantai baru yang disebut Fukitorimushi.

Fukitorimushi dalam bahasa Jepang berarti ”kutu pembersih” dan ini merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh robot ini. Fukitorimushi bergerak merayap seperti cacing atau siput, yang baru-baru ini dikembangkan dengan menggunakan bahan penyerap dari serat fiber. Robot dikembangkan oleh Panasonic dan kain nanofiber dikembangkan oleh Teijin Ltd.

Di bagian depan robot memancarkan cahaya putih yang digunakan untuk mendeteksi area yang kotor. Saat area yang kotor ditemukan, robot akan memancarkan cahaya merah dan seketika itu juga akan membersihkan area tersebut. Setelah bersih, Fukitorimushi akan kembali ke tempat pengisiannya (charging dock).

Teknologi kain yang digunakan disebut Nanofront merupakan serat polyester yang memiliki diameter 700 nanometer atau 1/7500 dari ketebalan sebuah rambut. Menurut Teijin, kain ini memiliki area permukaan dan struktur pori-pori yang memiliki keunggulan dalam menyeka dan menyerap air dibandingkan dengan kain konvensional lainnya.

Sumber: dailytech.com

· kirim komentar

Comments are closed.