Tags : MCS-51AlteraPLC8051VHDLFPGAMikroprosesorTeknologiMikrokontrolerchipPemrogramanrobotProgrammable
Home » FPGA » FPGA Design Software

FPGA Design Software

Oleh , 9 Juni 2009.

Field Programmable Gate Array (FPGA) merupakan sebuah IC digital yang sering digunakan untuk mengimplementasikan rangkaian digital. Jadi, bentuk utama sebuah FPGA adalah Intgrated Circuit (IC). Dua buah perusahaan yang cukup terkenal sebagai pembuat FPGA adalah Xilinx dan Altera.

Pada umumnya, perusahaan tersebut tidak menjual FPGA dalam bentuk terpisah yakni keping IC saja melainkan sudah terintegrasi dengan komponen-komponen elektronik lain seperti kristal, LED, resistor, kapasitor, push button, dsb. Semuanya itu biasanya menjadi satu dan disebut papan pengembang FPGA (FPGA development Board). Bentuk inilah yang biasanya dijual oleh para vendor pembuat FPGA. Berikut gambar FPGA development board :

fpga

Salah Satu Development Board milik Xilinx

Perusahaan-perusahaan pembuat FPGA kemudian tidak hanya papan pengembang FPGA saja. Akan tetapi, perusahaan tersebut juga menjual sekaligus perangkat lunak (software) yang akan mendukung penggunaan. Jadi ketika kita membeli FPGA maka yang dimaksud adalah membeli development board FPGA beserta perangkat lunak pendukungnya. Kedua bagian ini tidak bisa terpisah.

Tidak bisa hanya membeli papan pengembang FPGA saja atau sebaliknya, perangkat lunaknya saja. Kedua bagian tersebut merupakan satu kesatuan utuh yang saling mendukung proses kerja satu sama lain.

Secara garis besar, perancangan perangkat lunak (software) terdiri atas 4 tahap yakni :

  • Design-entry.

  • Simulation.

  • Synthesis and place-and-route.

  • Programming through special cables (JTAG).

Software FPGA

Perusahaan pembuat FPGA pada umumnya memberikan perangkat lunak secara cuma-cuma alias gratis. Software ini digunakan untuk mendukung proses design entry, simulation, synthesis and place-and-route, dan Programming through special cables (JTAG). Biasanya software yang dibagikan secara gratis hanya untuk jenis FPGA tingkat rendah-menengah atau hanyalah berupa demo saja. Sedangkan untuk jenis FPGA tingkat atas maka software pendukungnya tidaklah gratis melainkan berbayar.

Berikut beberapa software pendukung yang gratis atau demo bagi FPGA :

  • Perusahaan Xilinx terkenal dengan software miliknya yang bernama ISE WebPack

  • Perusahaan Altera terkenal dengan software miliknya yang bernama Quartus II Web Edition

Software di atas cukup bagus dan baik untuk memulai belajar menggunakan FPGA karena software tersebut memiliki fungsi yang hampir sama dengan yang berbayar. Selain itu, saat ini dengan fungsi yang cukup dan memadai maka tidak perlu membeli software yang ada secara lengkap.

Lalu, bagaimana untuk memulai?? Berikut caranya :

  1. Download software yang dibutuhkan.

  2. Intsall software tersebut

  3. Meminta license untuk mengaktifkan software melalui email. Tanpa adanya license maka software yang telah terinstal tidak akan dapat digunakan.

· kirim komentar

Komentar

Tambahkan komentar anda di bawah, atau trackback dari situs anda. Berlangganan komentar ini melalui RSS.

Silahkan berdiskusi yang padat dan berisi. Tetap pada topik. Dilarang spam.