Tags : robotAlterachipPemrogramanMikroprosesorPLCMCS-518051FPGAMikrokontrolerProgrammableTeknologiVHDL
Home » Pemrograman » Flowchart Percabangan

Flowchart Percabangan

Dalam pemrograman percabangan merupakan salah struktur kendali yang memungkinkan pemilihan atas perintah yang akan dijalankan. Secara sederhana percabangan dapat digambarkan seperti dalam flowchart berikut:

percabangan sederhana Flowchart Percabangan

Pada flowchart di atas “perintah 1” akan dilakukan jika ”kondisi” benar, sedangkan “perintah 2” akan dilakukan jika ”kondisi” salah.

Selain bentuk diatas, dalam percabangan juga dikenal istilah percabangan bersarang (Nested IF), bentuk sederhana dari percabangan bersarang jika digambarkan dalam flowchart bentuknya akan seperti berikut:

percabangan bersarang Flowchart Percabangan

Pada flowchart tersebut, “perintah 1” dilakukan saat “kondisi 1” bernilai benar, sedangkan jika nilainya salah, maka akan dijalankan “kondisi 2”. Selanjutnya pada “kondisi 2”, jika nilainya benar maka “perintah 2” akan dijalankan, sedangkan jika salah maka “perintah 3” yang akan dijalankan.

Kedua bentuk percabangan di atas merupakan dasar dari bentuk percabangan selanjutnya, yaitu percabangan kompleks. Dalam percabangan kompleks, sebuah percabangan dapat mempunyai percabangan lain didalamnya, hal ini akan sangat dibutuhkan dalam sebuah program yang kompleks. Berikut flowchart yang menggambarkan sebuah percabangan kompleks.

percabangan kompleks Flowchart PercabanganPada percabangan kompleks di atas, saat “kondisi 1” bernilai benar, maka akan dilakukan pengecekan pada “kondisi 2” jika benar maka “perintah 1” akan dilakukan, jika salah maka “perintah 2” yang akan dilakukan. Sedangkan pengecekan pada “kondisi 3” akan dilakukan jika hasil pengecekan pada “kondisi 1” bernilai salah, selanjutnya hasil pengecekan dari “kondisi 3” akan menentukan perintah yang akan dilakukan, apakah “perintah 3” atau “perintah 4”.

Dari gambar flowchart percabangan kompleks tersebut juga dapat dipilah bahwa “kondisi 1” dan “kondisi 3” mewakili percabangan bersarang, sedangkan “kondisi 2” mewakili percabangan sederhana.

Syntax yang umum digunakan dalam percabangan adalah IF dan IF… ELSE untuk percabangan sederhana, serta IF… ELSE IF… untuk percabangan bersarang, selain itu ada syntax alternatif lain yang dalam bahasa pascal dikenal dengan CASE…OF atau SWITCH dalam bahasa C, untuk lebih jelas anda dapat me-download contoh program yang menggunakan percabangan di sini. Program tersebut dibuat dengan menggunakan bahasa pascal.

Dalam membuat program, perintah percabangan akan sangat dibutuhkan, terutama saat membuat program-program dengan algoritma yang kompleks.

· kirim komentar
  • Diagram Alir (Flowchart) - ndoWare | Pemrograman | ndoWare

    [...] dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harus ditelusuri dengan hati-hati. Percabangan-percabangan yang memotong aktivitas yang sedang digambarkan tidak perlu digambarkan pada flowchart [...]

Komentar

Tambahkan komentar anda di bawah, atau trackback dari situs anda. Berlangganan komentar ini melalui RSS.

Silahkan berdiskusi yang padat dan berisi. Tetap pada topik. Dilarang spam.