Tags : PemrogramanAlteraPLCProgrammablerobotMikroprosesorMikrokontroler8051chipVHDLTeknologiFPGAMCS-51
Home » Teknologi » Chip Optik Intel

Chip Optik Intel

Oleh , 23 Juli 2009.

Intel-photonic-chip intel-photonic-chip-2_thumb

Para peniliti di Intel telah memperluas ruang lingkup silicon photonic dengan mengembangkan avalanche photo detector (APD). Silikon murah ini menjanjikan perubahan tentang seberapa cepat inti pada prosesor dapat berkomunikasi dengan sistim komputasi. Ini menggunakan silikon standar untuk menyalurkan dan menerima data optik antar komputer dan peralatan elektronik lainnya. Ini juga berguna untuk menekan biaya dan meningkatkan performa, disamping menyediakan peralatan optik secara komersial.

Bertujuan untuk tetap bertahan di peringkat teratas dalam kecepatan transfer game, tim Intel menyarankan penggunaan teknologi optik sebagai satu-satunya cara untuk meningkatkan kecepatan komunikasi antar inti prosesor secara dramatis dalam waktu dekat ini. Sejak berpindah ke teknologi optik yang memerlukan komponen-komponen baru, Intel mengembangkan sebuah silicon – yang didukung oleh APD; sebuah sensor cahaya terbaik yang memiliki sensitivitas dalam mendeteksi cahaya dan memperkuat sinyal-sinyal yang lemah ketika cahaya diarahkan langsung ke silicon. “APD dari Intel mengubah sinar cahaya menjadi sinyal elektrik,” kata Yimin Kang, seorang peneliti senior di Intel, yang juga menambahkan bahwa manufaktur yang harus dibayarkan untuk 1 alat dengan jenis seperti ini lebih dari $100.

Kang juga menegaskan bahwa motivasi Intel adalah untuk membuat alat dengan biaya yang rendah dan tahan lama. Dan ini dicapai dengan penggunaan silikon ini, yang merupakan komoditi yang murah namun menghasilkan produk yang berkualitas.

APD yang baru dengan menggunakan silikon dan CMOS processing berguna untuk memenuhi sebuah “gain-bandwith product” dari 340 GHz, yang merupakan hasil terbaik yang pernah diukur mengenai metric performa APD. Pencapaian ini membuktikan bahwa adalah hal yang mungkin bagi sebuah alat silicon photonic untuk menjalankan data hingga kisaran 40Gbps atau lebih dan memiliki biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan material optik lain yang lebih mahal seperti indium phospide.

Direktur Lab Teknologi Photonic Intel, Dr. Mario Paniccia, baru-baru ini mengatakan: “Penelitian ini menghasilkan contoh lain dari silikon yang dapat digunakan untuk menciptakan peralatan optik dengan performa yang sangat tinggi.” Ia juga menegaskan bahwa selain untuk komunikasi optikal, silikon berteknologi APD ini juga dapat diaplikasikan ke bidang lain seperti aplikasi penginderaan, pencitraan, quantum cryptography, dan peralatan medis.

Sumber: thefutureofthings.com

· kirim komentar

Komentar

Tambahkan komentar anda di bawah, atau trackback dari situs anda. Berlangganan komentar ini melalui RSS.

Silahkan berdiskusi yang padat dan berisi. Tetap pada topik. Dilarang spam.