Tags : robotPLCProgrammablechipMCS-51PemrogramanAlteraVHDLFPGAMikrokontrolerMikroprosesor8051Teknologi
Home » Teknologi » Bedah Jeroan Teknologi iPhone 5

Bedah Jeroan Teknologi iPhone 5

Oleh , 23 September 2012.

Yang digadang-gadang oleh Apple fanboy dan penggila gadget di seluruh dunia akhirnya datang juga. 12 September 2012 lalu Apple telah resmi merelease iPhone 5, dan pada tanggal 21 September penjualan resmi iPhone 5 di beberapa negara (Indonesia belum termasuk).

Kemunculan Apple 5 yang sangat heboh  sudah dprediksi oleh pengamat teknologi, bahkan desainnya pun sudah bocor ke publik sebelum tanggal resminya.

iPhone 5 beserta sistem operasi terbaru dari Apple, iOS 6, mengusung kelebihan-kelebihan dibanding produk sebelumya. Selain apa yang ada di iPhone 4s, iPhone 5 mengunakan teknologi 4G LTE yang lebih cepat, desain yang cantik dengan screen yang lebih besar, namun lebih tipis.

Kehebatan Apple kali ini adalah bagaimana mereka membenamkan fitur fitur canggih, kamera 8Mb, processor yang lebih cepat, baterai yang lebih tahan lama ke dalam sebuah gadget dengan ketebalan hanya 7,6 mm. Kita tentu penasaran dengan apa yang ada di dalam iPhone 5.

iFixit salah satu perusahaan reparasi iPhone mendapatkan iPhone 5 pada hari peluncurannya, dan segera saja membongkarnya. iFixit juga memaparkan langkah demi langkah cara membuka iPhone 5. Mari kita segera lihat apa yang ada didalamnya.

jeroan-iphone5

Apple iPhone 5

Layar 4 inchi iPhone 5 dipisahkan dari tubuhnya. iPhone 5 mempunyai retina display yang lebih panjang daripada iPhone sebelumnya, namun tetap dalam lebar yang sama. Terlihat pada bagian dalamnya komponen-komponen tertata kompak dan bagian terbesar dihabiskan oleh baterai 1440mAh yang di klaim Apple lebih tahan lama daripada iPhone 4s.

inilah Prosessor terbaru Apple A6 Processor

iPhone 5 diotaki oleh processor terbaru dari Apple, Apple A6 yang menggunakan ARMv7 instruction set.
Memori yang digunakan adalah 1GB DDR2 SDRAM, yang tidak lagi diprovide oleh samsung, melainkan oleh Elpida. 1GB Elpida LP DDR2 SDRAM
Untuk komponen LTE nya sendiri, iPhone 5 menggunakan chip dari Qualcomm dengan kode MDM9615M.

Bagaimana dengan performanya? menurut hasil test dari anandtech.com seperti klaim dari Apple bahwasanya iPhone 5 memang 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan iPhone 4s, dan mampu bersaing dengan gadget gadget terbaru lainnya seperti Galaxy SIII, HTC One dll.

Kamera 8MP iPhone 5

Untuk kameranya, masih dipersenjatai oleh kamera 8MP sama seperti iPhone 4s, namun dengan dukungan processor yang lebih cepat dan post processing image yang lebih kuat, iPhone 5 diklaim mampu memberikan hasil photo 8MP yang lebih bagus dan maksimal meskipun pada low light photography. Dan dilindungi menggunakan kaca kristal saphire yang merupakan material yang sangat kuat dan tahan goresan.

Komponen-komponen iPhone 5. via iFixit.com

Apple membuat iPhone 5 dengan kualitas yang tingi baik dari segi hardware maupun softwarenya. Untuk menghadirkan User Experience yang kuat bagi para konsumennya.

[ via iFixit.com ]

Apa pendapatmu tentang teknologi gadget terbaru Apple ini? Silahkan berkomentar di kolom komentar (ada bonus nya juga lho …. 😀 )

· kirim komentar

Komentar

Tambahkan komentar anda di bawah, atau trackback dari situs anda. Berlangganan komentar ini melalui RSS.

Silahkan berdiskusi yang padat dan berisi. Tetap pada topik. Dilarang spam.